Industri kreatif
Industri kreatif dinilai sangat potensial untuk menggerakkan roda perekonomian nasional. (Foto: ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

NEWSWANTARA – Industri kreatif adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan kreativitas manusia. Di Indonesia banyak sektor yang bergerak di bidang industri ini. Perkembangannya sangat cepat dan memberikan kontribusi yang sangat penting pada perekonomian negara. Berikut ini beberapa sektor industri kreatif di Indonesia yang hasil karyanya merupakan buah dari kreativitas serta inovasi yang dikembangkan oleh seseorang atau beberapa orang.

Arsitektur

Arsitektur merupakan industri yang berhubungan dengan design bangunan, perencanaan dan pengawasan konstruksi serta konservasi bangunan warisan. Peranannya dalam industri kreatif, arsitektur terdiri dari dua level yaitu makro dan mikro. Contoh industri yang bergerak di bidang arsitektur, seperti bangunan tua warisan sejarah, pengawasan konstruksi, konsultasi kegiatan teknik, perencanaan kota dsb.

(Baca Juga: Industri Kreatif Sebagai Penggerak Pertumbuhan Ekonomi Nasional)

Periklanan

Periklanan atau advertising adalah industri kreatif yang bergerak di bidang jasa periklanan, yaitu yang berhubungan dengan proses produksi atau pembuatan ide, operasi dan distribusi yang kemudian akan dilakukan riset serta perencanaan iklan tersebut. Pada kegiatan promosi sebuah iklan dapat memanfaatkan berbagai media, mulai dari media cetak, elektronik, poster, media sosial, dan media online.

Kerajinan

Kerajinan tangan atau craft adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan pembuatan, produksi serta distribusi produk yang dibuat oleh para pengrajin yang prosesnya diawali dari desain awal hingga selesainya produk. Ada banyak sekali produk kerajinan tangan, mulai dari kerajinan yang terbuat dari bahan barang-barang bekas, batu, kayu, logam, tanah, kapur, pelepah pisang dan masih banyak material lainnya yang diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan.

(Baca Juga: Geliat Bisnis Sektor Ekonomi Kreatif Indonesia)

Desain

Desain merupakan kegiatan kreatif yang terkait menggunakan desain grafis, desain produk, desain interior, konsultasi identitas perusahaan serta riset pemasaran dan produksi kemasan serta yang berhubungan dengan jasa pengepakan.

Barang Seni

Sektor industri barang seni merupakan kegiatan kreatif yang berhubungan dengan barang- barang seni, seperti: handmade, barang khas suatu daerah, barang antik dan barang-barang lainnya yang memiliki nilai estetika dan histori.

(Baca Juga: Menerawang Kesiapan Industri Kreatif Digital di Indonesia)

Video, Film, Dan Fotografi

Industri kreatif video, film dan fotografi saat ini berkembang begitu pesat. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, sinematografi, dubbing film, sinetron dan festival film. Kegiatan ini berkaitan dengan produksi video, film, jasa fotografi dan proses pendistribusian.

Industri Fashion

Industri fashion berkaitan dengan kreasi desain pakaian dan aksesorisnya. Setiap tahun industri fashion mengalami perubahan. Dewasa ini, di Indonesia fashion busana muslim mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan banyaknya desain, model baju-baju busana muslim.

Selain industri di bidang arsitektur, periklanan, kerajinan, desain, barang seni, video, film dan fotografi masih ada beberapa industri kreatif lainnya, seperti musik, seni pertunjukan, percetakan dan penerbitan, riset dan pengembangan, layanan piranti lunak (software) komputer dan barang elektronik lainnya dan broadcasting.