pict : wisataanambas.com

NEWSWANTARA – Menjadi kepulauan tropis terindah se-Asia, alam kepulauan Anambas tidak diragukan dengan keasrian serta keindahannya. Penduduk yang bersahaja, kebudayaan yang unik, menghasilkan suatu pengalaman yang menakjubkan pada saat berkunjung ke Kepulauan Anambas.

Meskipun tidak begitu populer, Kepulauan Anambas memiliki potensi migas yang besar. Sebagai gambaran, perusahaan migas ConocoPhillips melakukan eksploitasi di perairan Kepulauan Anambas dan menjadikan Pulau Palmatak sebagai basis dari kegiatan eksploitasi migas.

Sektor migas memang menjadi salah satu harapan untuk pendapatan bagi Kepulauan Anambas. Banyak lokasi sumur migas berada di Kepulauan Anambas harus dioptimalkan agar mampu menjadi pendapatan daerah.

Potensi yang belum teroptimalkan dari kabupaten yang baru seumuran jagung, masih banyak yang bisa di ekplorasi pada pulau yang asri ini. Misalnya bidang pertanian dan perikanan merupakan bidang pekerjaan yang paling banyak digeluti oleh masyarakat (47,2%) dari jenis pekerjaan yang ada.

Hal ini disebabkan karena wilayah ini merupakan daerah kepulauan yang memilliki potensi pertanian dan perikanan laut yang besar dan juga berkaitan dengan pengetahuan masyarakat setempat, dimana pekerjaan bidang pertanian dan perikanan sudah dijalankan secara turun temurun dari leluhurnya.

pict : batampos.co.id
pict : batampos.co.id

Potensi kekayaan alam berupa ladang minyak dan gas bumi (migas) yang dimiliki kepulauan Anambas dapat menjadi sumber pendapatan bagi daerah untuk masa depan Kepulauan Anambas. Potensi yang dimiliki kepulauan Anambas, diharapkan mampu teroptimalkan dalam keterlibatan pemerintah maupun dukungan pihak terkait untuk mengelolahnya.

Masa depan berada pada kesadaran masyarakat Anambas serta pemerintah untuk berusaha terbuka dengan cara-cara untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Adanya kesadaran bersama akan membawa kabupaten yang baru terbentuk sejak tahun 2008 ini kearah perubahan pada jaman reformasi birokrasi untuk kesejahtaran umum.


Sumber : migas bisbak

Berikan Komentar Anda

avatar