Bumi Nyiur Melambai
Banyak pohon kelapa tumbuh di Kepulauan Sangihe menjadikan daerah ini dijuluki sebagai Bumi Nyiur Melambai [Istimewa]

NEWSWANTARA – Kepulauan Sangihe merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara dengan Tahuna sebagai ibu kotanya. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.012,94 km2 dengan kepadatan penduduk 175,83 jiwa/km2. Kabupaten yang berada di ujung utara Indonesia ini memiliki 15 pulau besar dan kecil. Kepulauan yang mungil yang berada di tengah hamparan biru Laut Sulawesi.

Kabupaten ini memiliki potensi yang besar terutama sektor pertanian yang masih menjadi andalan. Sektor pertanian merupakan sektor basis berkembangnya sektor-sektor lainya. Sektor ini menempati posisi strategis dalam struktur perekenomian daerah. Kontribusi untuk PDRB daerah masih dominan.

Baca Juga: Mendongkrak Perekonomian Sulawesi Tengah

Salah satu hasil pertanian yang menjadi unggulan yaitu kelapa. Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi penghasil kelapa terbesar di pulau Sulawesi. Banyak pohon kelapa tumbuh di daerah ini hingga mendapat julukan sebagai bumi nyiur melambai. Sangihe juga sebagai penghasil kopra terbesar di Sulawesi Utara.

Potensi perkebuanan lainnya datang dari cengkeh, pala, kakao, vanili, kopi, kacang tanah, dan jambu mete. Seluruh perkebuan di daerah ini merupakan perkebuanan rakyat. Tanaman perkebunan yang menjadi komoditas unggulan adalah kelapa, pala, cengkeh, meskipun kelapa merupakan komoditas utama.

Selain memiliki komoditas unggulan dari perkebunan, wilayah maritim ini memiliki potensi perikanan laut, dalam kondisi perairan laut yang belum tercemar terdapat berbagai jenis ikan yang bernilai ekonomis, misalnya ikan tuna, kerapu, layang, cakalang, dan hasil budi daya laut seperti rumput laut, teripang, dan mutiara.

Baca Juga: Geliat Kawasan Industri Morowali

Kelancaran akses transportasi dan komunikasi ke luar daerah menjadi penentu berkembangnya suatu daerah. Sebagai pendukung akses mempermudah arus barang dan jasa, terdapat juga pelabuhan yaitu Pelabuhan Kawaluso, dan Pelabuhan Tagulandang, dan pelabuhan Marore.

Sangihe juga memiliki beraneka potensi wisata alam, bahari, sejarah, budaya, agro industri yang dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan datang ke daerah itu. Kekayaan potensi wisata Sangihe tidak kalah dibandingkan daerah lainnya di Sulut seperti Manado dengan keindahan Taman Laut Bunaken dan Danau Tondano di Kabupaten Minahasa.

Sejumlah pesona wisata menarik dimiliki Sangihe dintaranya Gunung Api bawah Laut di Pulau Mangahetang. Obyek wisata yang langka dan merupakan keajaiban dunia menjadi daya tarik berwisata ke Kepulauan Sangihe. Obyek wisata alam yang terletak sekitar 18 mil laut dari Kota Tahuna, dapat ditempuh dengan perahu sekitar dua jam. (©nws)

Berikan Komentar Anda

avatar