Kota Palu
Suasana Kota Palu yang menjadi Pusat perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah [Pict. ANTARA]

NEWSWANTARA – Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbesar di Pulau Sulawesi dengan Kota Palu sebagai ibukotanya. Terletak di garis khatulistiwa, bumi tadulako dikaruniahi sumber daya alam melimpah. Provinsi yang terbentuk tahun 1964 silam pernah mendapatkan penghargaan sebagai daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik se-Indonesia.

Pembangunan di tanah tadulako terus berlanjut secara berkesinambungan. Kawasan ekonomi Khusus (KEK) Palu salah satunya, yang merupakan proyek pemerintah pusat dalam mendongkrak perekonomian Sulawesi Tengah. Adanya KEK Palu ini akan membantu konektivitas geostrategis ke pasar global dan domestik dalam menstimulasi perekonomian.

Baca juga :

Adanya KEK Palu merupakan salah satu bentuk kepercayaan pemerintah pusat dalam memajukan perekonomian Sulawesi Tengah terlebih di Indonesia bagian timur. Sulawesi juga menjadi daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia, dan sulawesi tengah salah satunya. Produktifitasnya sebesar 60 persen dari produksi nasional.

Terdapat juga sektor pertambangan dengan hasil tambang berupa biji besi dan emas. Lokasi terbesarnya terdapat di Tambang Emas Poboya dan Lokasi Tambang Emas Dongi-dongi. Provinsi Sulawesi Tengah kaya akan sumber daya bahan galian dan mineral juga bahan bangunan serta bahan bakar fosil yaitu batu bara dan minyak.

Salin itu terdapat juga komoditi unggulan dari Sulawesi Tengah yang terdiri sub sektor tanaman perkebunan dengan komoditi kelapa, kakao, jagung. Melalui sub sektor perikanan komoditinya yaitu perikanan tangkap juga potensial, sub sektor kehutanan dengan hasil hutan berupa rotan.

Provinsi Sulawesi Tengah terdiri dari 10 Kabupaten dan 1 Kota, yaitu Kabupaten Banggai Kepulauan, Banggai, Morowali, Poso, Donggala, Tolitoli, Buol, Parigi Moutong, Tojo Una Una, Sigi dan Kota Palu. Masing-masing daerah yang memiliki potensi akan terbantu dengan adanya KEK di Sulawesi Tengah.

Dengan beroperasinya KEK Palu, potensi strategisnya yaitu akan menghubungan kawasan barat dan timur Indonesia. Secara geostratagis, KEK Palu akan mendorong percepatan distribusi dalam kebutuhan nasional maupun global. Untuk itu, hilirisasi industri yang terjadi nantinya akan meningkatkan perekonomian Sulawesi Tengah.


Diolah dari berbagai sumber 

Berikan Komentar Anda

avatar