Genset
Genset (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Genset adalah salah satu alat yang sangat rentan terhadap kerusakan. Oleh karena itu, sangat wajib bagi para penggunanya untuk selalu melakukan perawatan genset secara teratur. Cepat rusak tidaknya genset sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara anda menggunakannya. Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang benar dalam penggunaan genset.

  • Periksa Bahan Bakar

Tahap awal sebelum menyalakan sebuah genset adalah memeriksa bahan bakar. Bahan bakar sangat wajib ada karena sebagai komponen vital untuk bisa menggerakkan genset. Untuk jenis genset portable sebaiknya gunakan bahan bakar premium saja. Apabila kosong, anda bisa isi secukupnya dan jangan terlalu penuh dan jangan terlalu sedikit.

  • Periksa Pelumas

Langkah kedua adalah menggunakan pelumas. Pastikan genset anda terisi dengan pelumas yang penuh. Anda bisa mengolesi dengan oli tipe SAE 20-40 atau merek apapun yang anda miliki.

  • Periksalah Kondisi Accu

Selain oli, anda juga harus memeriksa kondisi accu pada genset. Cara melakukan pengecekan ingin adalah dengan melakukan start langsung, jika masih baik maka biasanya mesin akan secara otomatis menyala. Namun jika beberapa kali ditekan tidak terjadi aktivitas pada genset, hal ini menandakan kondisi accu kurang baik.

Lakukan juga pengecekan accu pada beberapa konektor yang berhubungan langsung dengan mesin yang dapat memicu gerak. Jika tiada ada masalah dengan konektor dan kabel maka ganti accu.

  • Periksa MCB Listrik

Memeriksa MBC harus dilakukan karena jangan sampai arus yang nantinya dialirkan menjadi bermasalah dan menjadi short. Termasuk kabel yang digunakan untuk menopang beban arus listrik ya. Pastikan MBC panel yang menuju ke generator dan saklar pada posisi off. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran arus yang tidak teratur yang bisa menyebabkan kecelakaan saat kerja.

Jika anda ingin menyewa sebuah genset yang perawatannya bagus, anda bisa mengunjungi sewatama. Sewatama adalah perusahaan sewa genset Jakarta yang sangat handal dan berkualitas. Sudah banyak perusahaan bekerjasama dengan perusahaan ini. Yuk sekarang giliran perusahaan anda.

Berikan Komentar Anda

avatar