WhatsApp Web
WhatsApp Web (Foto: BBC)

NEWSWANTARA – Aplikasi berbagi pesan (chat) seperti WhatsApp saat ini telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan chatting secara mobile di smartphone. Namun seringkali kita membutuhkan layar yang lebih besar di PC atau laptop untuk membuka Aplikasi WhatsApp, terutama jika sedang mengerjakan pekerjaan kantor.

Berikut ada 2 cara untuk membuka Aplikasi WhatsApp Web di laptop dan PC ketika handphone berada di dekat pengguna:

  1. Buka browser pada Laptop atau PC
  2. Akses laman WhatsApp Web dengan membuka situs web.whatsapp.com
  3. Sebelum scan barcode untuk pertama kali, pastikan Anda sudah mencentang tulisan \’Keep me signed in\’ atau \’Tetap masuk\’ pada halaman utama WA Web
  4. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel dan lakukan pemindaian kode QR yang ada di layar Laptop atau PC. (Lakukan dengan cepat karena kode QR memiliki batas waktu dan akan berubah-ubah dengan cepat)
  5. Setelah pemindaian berhasil, maka kamu akan melihat tampilan WhatsApp Web yang sama persis dengan aplikasi WA pada ponsel Anda
  6. Untuk keamanan, sebenarnya sangat dianjurkan untuk melakukan logout pada WhatsApp Web melalui aplikasi WhatsApp pada ponsel. (Terutama jika Laptop atau PC yang Anda pakai login merupakan komputer bersama atau komputer dengan akses bebas)
  7. Namun apabila komputer yang dipakai merupakan perangkat pribadi, maka tak perlu melakukan logout via aplikasi ponsel, namun cukup menutup jendela browser saja. Sehingga jika suatu saat Anda perlu membuka WhatsApp Web lagi, akun Anda tetap tersimpan dan tidak perlu melakukan pemindaian kode QR ulang.

Buka WhatsApp web di PC jika handphone tidak di dekat pengguna

  1. Jika ponsel tidak berada di dekat Anda dan harus segera melakukan login pada WhatsApp Web padahal belum pernah melakukan login awal sebelumnya.
  2. Maka harus meminjam ponsel teman dan pastikan untuk menghubungi orang rumah untuk meminjam juga ponselnya serta mengaktifkan ponsel Anda. (Pastikan juga ponsel teman yang kamu pinjam dan ponsel kamu di rumah memiliki jaringan data yang stabil.)
  3. Cara ini membutuhkan kecepatan waktu, sehingga kamu harus memastikan orang-orang yang terlibat dapat fokus sejenak untuk membantumu.
  4. Buka browser pada Laptop atau PC
  5. Akses laman WhatsApp Web dengan membuka situs web.whatsapp.com
    Foto kode QR yang terpampang pada halaman utama WhatsApp Web dengan menggunakan ponsel teman Anda. (Lakukan dengan cepat lalu kirimkan ke akun orang rumah yang telah Anda hubungi sebelumnya.)
  6. Setelah orang rumah menerima kiriman kode QR, pastikan orang tersebut melakukan pemindaian kode QR dengan memakai akun WA pada ponsel Anda. (Pastikan lagi hal tersebut dilakukan dengan cepat atau kode QR pada laman WhatsApp Web akan segera terganti.)
  7. Setelah orang rumah berhasil melakukan pemindaian, maka akun WhatsApp Anda pasti akan muncul di layar Laptop atau PC yang Anda gunakan.

Itulah 2 cara yang bisa Anda coba untuk membuka Aplikasi WhatsApp di layar Laptop atau PC. Perlu diketahui, masuk ke WhatsApp Web diwajibkan menggunakan barcode. Karena tanpa barcode, Anda tidak bisa masuk ke Whatsapp Web. Hal tersebut tentunya demi keamanan pengguna WhatsApp.