Pict : enlabs.it

NEWSWANTARA – Di era yang serba digital saat ini, penggunaan internet untuk kepenting bisnis khususnya bisnis jual-beli (e-commerce) merupakan suatu hal mutlak yang harus dilakukan olah para pemilik usaha, baik pengusaha berskala besar (makro) maupun usaha yang berskala kecil (mikro).

Penggunaan internet dalam menjalankan bisnis diakui memberikan sejumlah manfaat bagi para pengusaha, diantaranya adalah biaya promosi yang lebih murah dan juga tidak ada batasan geografis dalam memasarkan suatu produk, karena semua aktivitas terjadi dalam suatu sistem (pasar) yang berbentuk digital.

Pada tahun ini Kementerian Komunikasi dan Informatika membagikan sejumlah 350.000 domain Internet gratis bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pembagian domain gratis kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tersebut dimaksudkan agar pelaku UMKM mampu untuk meningkatkan penjualan produknya melalui pasar digital.

Program dari pemerintah tersebut dapat memacu aksesibilitas UMKM dalam memasarkan produknya secara digital di dunia maya. Dengan dibagikannya 350.000 domain gratis tersebut, kedepannya pemerintah menargetkan adanya peningkatan transaksi digital dari UMKM sebesar 130 miliar dollar AS atau setara Rp 1.800 triliun.

Pada era saat ini, untuk berbelanja, tidak perlu lagi datang ke pasar atau mall. Untuk mendapatkan barang yang diinginkan cukup dilakukan secara mudah dengan melakukan transaksi secara online.

Domain gratis yang akan dibagikan secara gratis untuk UMKM tersebut memiliki kapasitas 100 Mega Byte (MB). Dengan kapasitas tersebut sudah cukup untuk memuat gambar dan deskripsi produk dari UMKM.

Penyediaan 350.000 domain gratis tersebut adalah bagian dari program sejuta domain gratis untuk UMKM. Untuk tahap awal pemerintah menyediakan sejumlah 350.000. Jika jumlah domain yang disediakan tersebut tidak mencukupi dan adanya permintaan yang lebih dari UMKM, maka pemerintah akan menambah domain gratis sesuai dengan jumlah permintaan.

Dengan adanya program pembagian domain gratis tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah melakukan upaya untuk mendorong pemerintah daerah agar mempermudah izin pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerahnya.

Dengan adanya infrastruktur telekomunikasi yang memadai secara tidak langsung juga akan memberi dampak positif untuk merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui transaksi digital (e-commerce).

Berikan Komentar Anda

avatar