Harga Kamera Digital
Meski sudah banyak smartphone yang dibekali dengan lensa beresolusi tinggi, kamera digital masih menjadi pilihan para pecinta fotografi karena banyak kelebihan yang dimiliki [Foto: Istimewa]

NEWSWANTARA –¬†Industri fotografi kini kian berkembang berkat lahirnya produk baru dengan casing ringkas namun memiliki kerja yang maksimal. Meski sudah banyak smartphone yang dibekali dengan lensa beresolusi tinggi, namun popularitas dari kamera digital tidak akan pernah luntur. Jenis produk tersebut secara umum dibagi menjadi 3 yaitu DSLR, Mirrorless, dan Pocket.

Harga kamera digital pun bervariasi bergantung pada merk dan seri. Jika budget Anda tipis, tak perlu beli yang baru, bekas pun tidak masalah selama kondisinya bagus. Tidak hanya pemula, para fotografer yang sudah pro pun lebih memilih kamera digital karena banyak kelebihan yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

5 Kelebihan Kamera Digital dibandingkan Versi Analog

Untuk kebutuhan cetak besar, kamera DSLR memang lebih diunggulkan. Produk berbasis digital ini lebih mumpuni ketimbang versi analognya. Bagi Anda yang masih pemula, lebih mudah jika belajar memakai kamera digital murah karena hasilnya langsung dapat diketahui.

Jika foto yang didapatkan masih ada kekurangan, Anda bisa mengubah settingannya saat itu juga. Bila dipakai untuk kebutuhan kerja dan juga travelling, kamera digital juga bisa diandalkan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh produk ini daripada kamera analog, diantaranya adalah:

  • Dapat Dipergunakan Untuk Beberapa Keperluan

Kamera digital terbaik saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti Wifi connection. Jadi Anda bisa mengirim foto secara langsung dari kamera ke smartphone tanpa melalui sambungan kabel.

Kelebihan inilah yang membuat kamera digital bisa dipakai untuk berbagai keperluan mulai dari dokumentasi, percetakan, maupun kebutuhan update sosial media. Jika Anda menggunakan kamera analog, fitur ini tidak ditemukan. Apabila butuh perangkat untuk menangkap gambar dengan maksimal dengan fungsi lengkap, gunakan saja kamera digital.

  • Hasil Langsung Bisa Dipreview

Jika menggunakan kamera analog, hasil jepretan baru bisa terlihat setelah proses pencetakan. Tapi bila penggambilan gambar menggunakan kamera digital, hasilnya langsung bisa Anda preview di layar LCD. Dari situ bisa diketahui jika ada pengaturan yang tidak pas.

Semua produk tipe ini dilengkapi dengan LCD bahkan beberapa ada yang sudah menggunakan layar sentuh. Fitur ini tidak hanya berfungsi sebagai preview tapi juga bisa memudahkan Anda saat mengambil foto dari angle yang sulit.

  • Proses Pencetakan Lebih Mudah

Kadang Anda akan menemui harga kamera digital yang cukup tinggi. Hal tersebut sangat sepadan dengan hasil yang didapatkan nanti. Selain itu proses pencetakan relatif mudah dan murah karena menggunakan teknik digital printing.

Foto yang Anda tangkap bisa dicetak dengan ukuran berapapun sesuai dengan kebutuhan. Untuk mempercantik gambar objek, proses editing bisa dilakukan sebelumnya. Berbeda dengan kamera analog dimana hasil foto baru bisa terlihat setelah melalui proses cuci cetak film negatif.

  • Hasil Foto Mudah Disimpan

Kamera digital menggunakan media berupa kartu untuk penyimpanan. Jadi hasil jepretan langsung bisa Anda pindahkan ke perangkat lainnya seperti PC, laptop, maupun handphone. Jenis kartu yang dipakai menyesuaikan dengan jenis slot. Ada beberapa produk yang memakai CF, SD Card, dan Stick. Jadi hasil jepretan baik foto dan video berbentuk file yang mudah disimpan dan dipindahkan ke berbagai perangkat yang Anda miliki.

  • Ramah Lingkungan

Kamera analog menggunakan media film sebagai penyimpanan dan hal tersebut dianggap tidak ramah lingkungan karena memakai bahan kimia. Lain lagi dengan kamera digital, penyimpanan berupa kartu memory dengan kapasitas yang cukup besar. Tipe kartu memory menyesuaikan dengan slot yang ada di kamera. Tempat jual kamera digital juga menyediakan produk penyimpanan tersebut. Harganya juga cukup murah, bergantung pada merk dan kapasitasnya mulai dari 1 GB hingga 32 GB atau lebih.

Jika ingin mendapatkan harga kamera digital yang cukup terjangkau, kunjungi saja Bhinneka.Com. Produk yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dari kamera DSLR, Pocket, hingga Mirrorless. Proses transaksi pembelian cukup mudah, pilih produk yang Anda inginkan lalu lakukan pembayaran. Tidak perlu capek pergi kemana-mana, tinggal tunggu di rumah dan barang akan sampai dengan aman.

Berikan Komentar Anda

avatar