Google Translate
Fitur kamera instan Google Translate (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Kemajuan teknologi yang sangat berkembang pesat mampu untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Hampir dalam segala hal yang sulit, kini bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan teknologi. Misalnya saja dalam memahami bahasa asing, kini ada aplikasi penerjemah seperti Google Translate yang bisa membantu kita.

Aplikasi Google translate terus melakukan penambahan bahasa serta fitur untuk memudahkan para penggunanya. Fitur yang kini sangat membantu adalah penerjemahan yang bisa dilakukan melalui kamera instan pada smartphone.

(Baca Juga: 5 Aplikasi Traveling di Smartphone dengan Fitur Offline)

Fitur yang dikenal sebagai kamera instan di Google Translate ini mirip dengan fitur real-time translation di Google Lens, sehingga bisa membantu Anda untuk memahami bahasa di lingkungan sekitar dan sangat berguna saat Anda sedang bepergian ke luar negeri. Meskipun smartphone pengguna tidak terhubung dengan data seluler ataupun Wi-Fi, fitur ini masih bisa digunakan untuk menerjemahkan teks yang ditangkap oleh kamera.

Saat ini fitur kamera instan Google Translate telah menambahkan dukungan untuk 60 bahasa, seperti Bahasa Arab, India, Melayu, Thailand, dan Vietnam. Ada juga Bahasa Jawa, Sunda, dan Indonesia yang termasuk dalam database Google Translate.

Google menggunakan teknologi Neural Machine Translation (NMT) untuk mendukung fitur kamera instan pada Google Translate. Berkat teknologi ini, terjemahannya akan lebih akurat dan alami, mengurangi kesalahan sampai 55 hingga 58 persen pada bahasa tertentu.

(Baca Juga: Jelajahi Pesona Keindahan Danau Toba Dengan Google Street View)

Sebagian besar bahasa dapat diunduh ke perangkat, sehingga pengguna dapat menggunakan fitur ini tanpa koneksi internet. Namun, ketika perangkat terhubung ke internet, fitur akan menggunakan koneksi tersebut untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang lebih baik.

Google
Google

Berikut ini cara mudah untuk menerjemahkan suatu teks lewat kamera di Google Translate.

  • Pastikan smartphone Anda sudah mengunduh atau download aplikasi Google Translate.
  • Buka aplikasi Google Translate. Anda bisa memilih terlebih dahulu bahasa yang akan dideteksi dan hasil terjemahannya. Jika tidak mengenal bahasa yang dideteksi bisa memilih “Detect Language” untuk deteksi bahasa otomatis.
  • Selanjutnya, ketuk ikon Camera.

Ada tiga opsi pada fitur kamera instan Google Translate.

  1. “Instan” menerjemahkan teks asing ketika Anda mengarahkan kamera ke arah objek gambar. Seketika teks yang ada diobjek gambar, akan langsung diterjemahkan.
  2. “Scan” memungkinkan Anda mengambil foto terlebih dahulu dan menggunakan jari untuk menyorot teks yang ingin diterjemahkan. Untuk fitur ini dibutuhkan koneksi internet.
  3. “Impor” memungkinkan Anda menerjemahkan teks dari foto yang sudah diambil dan disimpan pada galeri smartphone. Sama dengan opsi Scan, fitur ini juga membutuhkan koneksi internet.

Cukup udah bukan? Nah bagi Anda yang ingin berpergian ke luar negeri, kini tak perlu lagi takut membaca teks-teks petunjuk yang Anda temukan sewaktu di perjalanan.