Indahnya Pantai Jikumerasa dari aerialview dengan kehadiran danau yang eksotis. [Pict : via instagram @kotekmaujie]

NEWSWANTARA – Pantai Jikumerasa terletak di Desa Jikumerasa yang berjarak sekitar 27 Km dari Kota Namlea Kabupaten Buru. Pulau Buru terletak di antara kepulauan salah satu pulau besar di Kepulauan Maluku. Pulau Buru menempati urutan ketiga setelah Pulau Halmahera di Maluku Utara dan dan Pulau Seram di Maluku Tengah.

Secara administratif, Pulau Buru termasuk dalam Provinsi Maluku. Pantai Jikumerasa memiliki karakteriktik seperti pantai di daerah timur lainnya. Laut yang jernih dan pasir putih yang halus merupakan ciri khas pantai di timur Indonesia. Pantai di Pulau Buru memang banyak yang indah salah satunya Pantai Jikumerasa ini.

Baca juga : Destinasi Wisata di Padang Yang Jadi Primadona Pecinta Traveling 

Pantai dengan pasir putih ini cukup populer dan sering dikunjungi terutama pada akhir pekan. Di pantai ini terdapat danau air asin yang akan terisi ketika air laut pasang. Namun ketika air laut surut pun danau tidak mengering. Hal inilah yang menjadi identitas Pantai Jikumerasa dengan keunikan alamnya.

Wisata alam yang tersaji layaknya lukisan alami membentuk tiga warna tatkala matahari mulai berada di penghujung pandangan. Ditambah dengan desiran gulungan ombaknya merupakan bonus bagi pencinta surfing menambah keeksotisan pantai yang masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Baca juga : Pulau Bair, Mutiara Tersembunyi dari Maluku Tenggara  

Menikmati Pantai Jikumerasa dapat juga dilakukan dengan menyewah perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat. Pesona Jikumerasa terasa lengkap ketika matahari mulai tenggelam diantara bukit – bukit yang mengitari pesisir Jikumerasa. Keheningan alamnya membawa traveler dalam rasa damai yang menenangkan jiwa.

Pemandangan ini dapat menjadi kesan yang terngiang akan alam Jikumerasa. gambaran betapa Jikumerasa menjanjikan sebuah surga bagi mereka yang menyukai pesona wisata pantai. Untuk itu, jika berkunjung ke Pulau Buru, sempatkan mampir ke Pantai Jikumerasa untuk menikmati pesona Jikumerasa.


Dikelolah dari berbagai sumber