Pulau Bair
Meski tak sepopuler Raja Ampat, namun popularitas pesona keindahan Pulau Bair di Maluku Tenggara sudah terkenal di kalangan para wisatawan mancanegara [Instagram: @ekacruth]

NEWSWANTARA – Wilayah timur Indonesia dengan pesona pulau, laut dan pantai yang mempesona selalu jadi tujuan favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya di Tual, Maluku Tenggara tersembunyi pulau yang indah namanya Pulau Bair.

Bagi para Wisatawan yang ingin menuju Pulau Bair harus menyeberangi Samudera menggunakan speedboat dari dermaga di Desa Dullah dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau ini yaitu bulan Maret hingga Agustus saat musim angin timur, sehingga laut bisa dibilang tenang dari gelombang tinggi.

Pulau Bair ini bisa dibilang sebagai versi mini dari Raja Ampat. Persamaannya terletak pada keberadaan tebing-tebing batu yang mengelilingi pulau ini. Walaupun Bentang alamnya tidak seluas Raja Ampat di Papua Barat atau Phi Phi Islands di Thailand tapi pesona panoramanya boleh untuk diadu. Ingin berenang? menyelam? keduanya bisa dilakukan di Pulau ini.

Keunikan lain dari pulau ini adalah jika air laut dalam keadaan surut, kita dapat melihat beberapa pantai yang dapat kita datangi dengan berjalan kaki. Namun jika sedang pasang, keindahan pemandangan lautnya yang tenang dan jernih juga dapat membuat kita terpesona.

Baca Juga: Ngurbloat, Pantai Dengan Predikat Pasir Terhalus di Dunia

Pulau ini terlindungi oleh gelombang laut sehingga cocok untuk berperahu kano dan jetski. Bahkan dengan mata telanjang kita dapat melihat dasar lautnya, tidak hanya itu di pulau ini juga terdapat vegetasi mangrove. Di pulau ini juga merupakan habitat anak ikan hiu jenis blacktip.

Tebing-tebing batu yang mengelilingi pulau ini juga menambah keindahan panorama yang secantik lukisan. Keunikan dan daya tarik dari pulau ini memang berbeda dari pulau-pulau lain, karena memiliki dua teluk yang air lautnya berwarna biru kehijauan dan juga adanya tebing-tebing batu.

Landscape pulau yang luas membuat pengunjung akan berdecak kagum ketika melihatnya. Selama berada di sini mata pengunjung tak akan bisa lepas dari pemandangan indah hingga segarnya udara yang membuat hati pikiran dan jiwa tenang yang tentunya dapat melepas penat dari rutinitas bekerja.

Dengan kita memposting foto-foto di media sosial saat liburan di Pulau Bair, kita sudah membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan wisata alam Maluku Tenggara yang dijamin susah bikin move on bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya.

Berikan Komentar Anda

avatar