Candi Gedong Songo
Berdiri dengan gagah di lereng Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo menjanjikan petualangan budaya yang seru bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya [Dok. Kementerian Pariwisata]

NEWSWANTARA –¬†Jawa Tengah ternyata menyimpan banyak sekali potensi wisata budaya. Selain banyaknya pilhan candi-candi sebagai warisan budaya, wisatawan juga bisa menemukan beberapa candi unik, salah satu diantaranya adalah Candi Gedong Songo yang terletak di Kabupaten Semarang yang konon berada di atas awan dan menjadi salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Tidak kalah dengan Magelang dan Jogjakarta, Semarang juga memiliki candi bersejarah. lokasinya di lereng Gunung Ungaran tepatnya di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi ini berada di ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut yang membuat udara di tempat ini terasa sangat sejuk.

Baca Juga : Perjalanan Panjang Dinasti Keluarga Pencipta Lumpia Semarang

Arsitektur bangunan candi memiliki ciri khas arsitektur candi langgam Jawa Tengah yakni memiliki atap berundak-undak, berhiaskan kala makara di gawang dan relung pintu, terletak di tengah halaman, dan mempunyai ruang utama di tengah bangunan.

Secara vertikal Candi Gedong Songo terdiri dari tiga bagian yaitu kaki, tubuh, dan atap bangunan. Bagi yang memiliki ketertarikan khusus terhadap sejarah budaya, maka Candi Gedong Songo bisa menjadi referensi.

Candi Gedong Songo ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804. Candi ini konon dibangun pada zaman Mataram kuno pada abad ke 8 oleh Raja Putra Sanjaya. Meski bernama Gedong Songo dalam bahasa Jawa yang berarti bangunan 9, namun secara fisik hanya ada 5 candi yang dapat dijumpai.

Tidak seperti kompleks candi lain yang lokasinya saling berdekatan, Candi Gedong Songo memiliki jarak yang cukup jauh antara satu dengan yang lainnya, untuk menjelajahinya pengunjung harus berjalan sepanjang 4 kilometer dengan medan yang menanjak. Jika tidak ingin berjalan, pengunjung dapat menyewa kuda untuk membantu perjalanan.

Semakin ke atas bangunan candi semakin besar. Seperti Candi Gedong 3 yang memiliki tiga bagian bangunan yang terpisah, terlebih saat berkabut Candi Gedong 3 terlihat seperti berada di atas awan, sehingga banyak pengunjung yang berfoto di candi ini.

Meski perjalanan menuju kompleks Candi Gedong Songo terasa sangat melelahkan, namun semua akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam lereng Gunung Ungaran yang indah serta udara yang segar dan menyejukkan.

Saat akhir pekan Candi Gedong Songo dibuka sejak pagi hingga petang dengan harga tiket Rp10.000 untuk penunjung domestik dan Rp75.000 untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan tarif menunggang kuda bervariasi dari Rp30.000 hingga Rp90.000 tergantung jarak candi yang akan didatangi dan beban wisatawan.

Berikan Komentar Anda

avatar