Pict : kompas.com

NEWSWANTARA – Festival Karimata merupakan bagian dari rentetan penyelenggaraan dalam menyambut Sail Karimata yang diperkirakan akan berlangsung pada Oktober 2016 di Pulau Karimata. Kepulauan yang terletak antara pulau Sumatera dan Kalimantan ini memiliki poteni bawah laut yang kaya.

Penyelenggaraan Festival Karimata merupakan bagian dari promosi ‘mutiara khatulistiwa’ sekaligus sebagai ajang tryout kesiapan pemerintah daerah menghadapi gelaran Sail Selat Karimata. Berbagai agenda akan digelar pada Festival Karimata di antaranya journalist trip, lomba memancing, lomba foto, lomba sampan nelayan, wisata kuliner yang hingga kini total pesertanya sudah sekitar 300 orang.

Pulau Karimata memiliki luas sekitar 77.000 hektare yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL), menjanjikan keindahan bawah laut yang belum banyak dikenal oleh para pecinta kegiatan bawah laut di Indonesia. Di samping eksotisme taman lautnya, potensi landscape kepulauan yang dihuni oleh lebih dari 1.400 jiwa ini menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Baca Juga : Pulau Karimata, Mutiara Khatulistiwa

Festival yang baru pertama kali diselenggarakan oleh Pemerintah Kayong Utara ini, menjadi sesuatu yang spesial lantaran bertepatan dengan momentum kedatangan 40-an yacht (kapal layar ringan) dari 15 negara peserta Wonderful Sail Indonesia 2015 silam di perairan Karimata.

Secara geografis, kepulauan ini berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, diantaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Terlebih, kegiatan Sail Karimata 2016 ini nantinya dapat mempromosikan dan meningkatkan investasi pada sektor sumber daya alam kelautan dan kemaritiman serta wisata bahari kepada masyarakat internasional.

Berikan Komentar Anda

avatar