Pict : triptrus.com

NEWSWANTARA – Terletak disebelah barat Pulau Sumbawa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia terdapat pantai yang indah. Tepatnya di kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, pasir putih yang begitu mempesona hingga ombaknya membuat peselancar (surver) terpesona. Tidak hanya bibir pantainya yang indah, ombaknya juga cocok untuk jenis olahraga air, Surving.

Baca Juga : Ombak Kelas Dunia Pantai Jelenga

Terdapat juga playground yang disediakan untuk anak-anak pantas dijadikan opsi untuk wisata keluarga. Pantai ini terletak pada daerah lingkar tambang emas yang melakukan eksplorasi di ‘Tanah Samawa’. Letaknya di area lingkar tambang, pantai ini sering mendapat bantuan fasilitas pendukung sebagai upaya menarik wisatawan. Pantai yang terus berbenah untuk mempercatik diri sering dijadikan tempat pelaksanaan festival rakyat.

Pict : detik.com
Pict : detik.com

Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun memadati kawasan ini untuk sekedar melepas lelah pada lokasinya di lingkar tambang. Terletak di area lingkar tambang, pengunjung Pantai Maluk didominasi oleh para pekerja tambang yang banyak dari mereka berasal dari luar pulau.

Letaknya di daerah lingkar tambang membuat sangat tergantung pada pekerja tambang  ‘meramaikan’ suasana pantai. Ini terjadi dikarenakan penghuni daerah sekitar pantai kebanyakan pendatang yang bekerja di tambang emas PT NNT.

Garis pantai yang berpasir putih kini telah banyak berdiri bangunan semi permanen yang menjajakan makanan, tidak lupa dengan es kelapa muda. Pantai Maluk yang memiliki keindahan pada sibuknya aktivitas ekplorasi memberi dampak terhadap masyarakat sekitar.

Membantu menggerakan perekonomian masyarakat sekitar dapat dilihat dari aktivitas masyarkat sekitar Pantai Maluk. Mulai dari berdagang, penginapan, hingga jasa tour guide. Potensi alam yang berlipat ganda karunianya untuk bisa dioptimalkan lebih jauh lagi dalam menarik wisatawan. Tidak hanya bergantung pada pekerja tambang, diharapkan dengan keindahan serta panorama yang dimiliki Pantai Maluk tidak usai seiring kontrak kerja PT NNT akan mulai habis.   

Berikan Komentar Anda

avatar