Mulut Gua Lowo yang menjadi destinasi wisata unggulan daerah Kabupaten Trenggalek. [Pict : istimewa]

NEWSWANTARA – Goa Lowo yang terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo cukup mudah ditemukan karena berada searah dengan Pantai Prigi Kabupaten Trenggalek. Gua ini cukup mudah disusuri bahkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi keluarga.

Gua Lowo atau Gua Kelelawar diambil dari banyaknya kelelawar yang tinggal di dalam gua ini. Gua Lowo memiliki kedalaman lebih dari 2 km yang bisa dan cukup aman untuk dieksplorasi. Sisanya berupa ruang kosong yang belum disentuh pembangunan dan dapat traveler jumpai di ujung ruangan. Bagian dalam gua dibagi menjadi 9 ruangan.

Baca juga : Sumba Menjelma Menjadi Primadona Destinasi Wisata Baru di Indonesia 

Hasil penelitian ahli geologi asal Prancis yaitu Gilbert Manthovani dan Dr. Robert K Kho pada tahun 1985 silam menyebutkan bahwa Gua Lowo sebagai gua terpanjang se ASEAN. Sedangkan lebar gua mencapai 50 dengan ketinggian berpariasi. Panjang total gua ini mencapai lebih dari 5 km yang masih menunggu untuk diekplorasi.

Kondisi dalam gua yang sudah dialiri listrik hingga sangat membatu pengunjung dalam penerangan menikmati keindahan gua. [Pict : istimewa]
Bahkan ada satu ruangan yang sangat luas yang biasanya digunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Yang pasti sepanjang rute telah dibuatkan jalur pejalan kaki berupa tangga plus lampu penerangan di pinggirnya sehingga siapa saja dapat mengakses kedalaman gua dengan mudah dan aman.

 

Baca juga : Destinasi Wisata di Padang Yang Jadi Primadona Pecinta Traveling 

Gua yang ditemukan pada tahun 1931 ini cukup menarik karena disetiap sudut gua terdapat sensasi pemandangan yang berbeda. Di ujung jembatan, wisatawan dapat menikmati sinar matahari yang menerobos lubang kecil di langit gua. Selain itu pengunjung juga bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang bergelantungan di dinding gua.

Saat berada di dalamnya, pengunjung akan dibaut kagum dengan keindahan stalagtit menggantung maupun stalagmit yang ukuran cukup besar-besar dengan jumlah yang banyak. Bebarapa bagian goa telah dialiri listrik dan dipasangi lampu penerangan serta lampu hias aneka warna sehingga dapat membantu pengunjung dalam penerangannya.

Berada sejenak dalam gua dengan suasana tenang dan sunyi akan membawa kedamaian. Keindahan alam ciptaan tuhan seperti halnya Gua Lowo akan meningkatkan rasa syukur saat berada dalam gua, Gua Lowo yang mempesona. Seakan menjadi isarat ketika berkunjung ke Trenggalek diharuskan mampir di gua terpanjang dan terbesar di ASEAN ini.


Diolah dari berbagai sumber 

Berikan Komentar Anda

avatar