Sumber: pikiran-rakyat.com

NEWSWANTARA – Menikmati liburan dan keseruan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya mungkin sudah pernah Anda lakukan. Tapi bagaimana dengan obyek wisata favorit yang ada di Bandung? Apa Anda sudah pernah berkunjung ke sana? Tentunya ada banyak pilihan wisata yang menarik di sana, tapi yang pas buat wisata keluarga, jangan sampai salah pilih ya.

Kolam Renang Karang Setra adalah salah satu pilihan favorit warga Bandung dan sekitarnya saat memasuki weekend atau masa-masa liburan. Kawasan wisata air ini memiliki area yang cukup luas dengan lingkungan dan udara yag asri dan sejuk, khas wilayah pegunungan karena lokasinya memang berada di daerah Sukajadi, Bandung.

Obyek wisata ini memang salah satu kolam renang buatan yang unik karena telah tercatat sebagai kolam buatan tertua di daerah Bandung. Dan ternyata tidak hanya itu, kolam ini sekaligus pernah mengantongi predikat sebagai kolam renang terluas se-Asia Tenggara lho, yakni sekitar tahun 1954. That’s cool.

Konsep kolam memang didesain dalam ruang terbuka, sehingga bisa memiliki nuansa sejuk yang memungkinkan hawa alami dari kawasan hutan Kota Bandung bisa masuk ke area ini. Selain hawa sejuk, pemandangan indah berupa beberapa view pegunungan dan hutan kota yang hijau juga nampak dari kawasan ini.

Sejak pertama didirikan, kolam ini memang ditujukan untuk wadah pembinaan atlit Indonesia. Namun, kini telah dikembangkan dan lebih mengarah menjadi salah satu obyek wisata air yang lebih modern, dan kekinian, termasuk wahana olahraga dan hiburan pengunjungnya. Area kolam renang dilengkapi dengan waterpark dan wahana permainan menarik lainnya.

Rute perjalanan menuju ke tempat ini cukup mudah, yakni arah Cicaheum, atau Leuwipanjang menuju ke arah Ledeng. Beberapa angkutan umum dan beberapa bus seringkali mengarah ke kawasan ini. Anda bisa dengan mudah menemukan alamat Kolam Renang yang memiliki nama lain sebagai Karang Setra Waterland ini di Jalan Sirnagalih No. 15 KM 4.5, Karang Setra, Sukajadi, Bandung. Jangan lupa untuk membayar tiket terlebih dahulu, sekitar Rp 22.500 saat weekday dan Rp 27.500 saat weekend, keduanya berlaku untuk setiap pengunjung.

Wahana apa saja yang bisa kamu kunjungi?

Ada beberapa wahana permainan yang bisa dicoba. Diantaranya 2 buah Waterboom yang memiliki panjang lintasan sekitar 86 meter dan 82 meter. Selain itu, Kolam Naga yang telah dibangun sejak tahun 80-an dan menjadi salah satu icon kolam renang ini. Lintasannya berbentuk tubuh naga yang berkelok dan melingkar sepanjang 15 meter.

Seperti awal terbentuknya kolam ini, masih terdapat area khusus untuk pelatihan atlit-atlit nasional. Selain itu juga bisa mencoba permainan aqua play, kolam pantai, water ball, ruang gempa, juga yang tak kalah seru dengan sensasi gerakan ayunan yang mengarah secara vertical, yakni Bungge Trampoline dan masih banyak lagi wahana seru lainnya.

Berkunjung ke Bandung tentu memerlukan waktu yang lebih lama, ada banyak destinasi wisata lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, setelah menghabiskan waktu bersama keluarga di kolam renang ini, maka simpanlah energi Anda untuk kegiatan esok pagi. Anda bisa memilih beberapa tempat hotel maupun penginapan di Bandung yang nyaman dan menarik di sekitar wahana wisata air ini. Salah satu hotel menarik yang recommended di Bandung adalah Banana Inn Hotel.

Hotel bintang empat ini berada di Jalan Setiabudhi No. 191 Bandung.Llokasinya cukup strategis karena dekat dengan Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan beberapa tempat menarik lainnya seperti Factory Outlet Rumah Mode, dan juga Paris Van Java Mall.

Dari namanya saja unik, pasti lah tak jauh berbeda dengan fasilitas dan penampilan hotelnya. Kesan nyaman dan jauh dari keramaian juga sering kali menjadi pilihan utama para wisatawan.Supaya tak penasaran, langsung saja yuk kita cek satu-satu.

Dari sisi arsiteknya sendiri, hotel ini mengangkat konsep semi resort dan menyediakan sarana hunian sementara di tengah kota yang oke punya. Apapun kegiatan Anda, ketersediaan fasilitas dan kenyamanan hotel merupakan hal utama saat berkunjung ke luar kota. Nah, tentu saja ada beberapa poin penting yang bisa dilihat drai hotel ini yang patut dijadikan pertimbangan Anda sebelum menentukan penginapan di Bandung.

Hal pertama dan yang utama adalah mengenai kamarnya, sebagai tempat untuk beristirahat Anda. Ada beberapa tipe pilihan kamar yang bisa Anda pilih. Tentunya sesuaikan dengan kebutuhan dan budget liburan yang sudah Anda rencanakan ya.

Sumber: Traveloka
Sumber: Traveloka

Sebagai pemanis, ada juga pernak-pernik lucu dan menggemaskan yang disediakan pihak hotel untuk para pengunjungnya, seperti sandal pisang dengan warna kuning cerah. Pernak-pernik ini tentu sesuai dengan nama hotelnya.

Apa saja fasilitas lainnya? Sperti halnya fasilitas hotel berbintang empat lainnya, hotel tersedia beberapa café dan restoran seperti B’Leaf Café, dan juga Robusta Lounge. Ada juga area hiburan karaoke, Banana Spa, Fitness Center dan juga kolam renang. Untuk anak-anak Anda juga tersedia Cherry Kids Corner. Dari beberapa ruang yang tersedia, banyak pula pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, pastinya unik dan berbeda dari hotel lainnya.

Pertama, Kids Activities yang digelar setiap hari minggu, khusus untuk anak-anak. Tempat ini menyediakan pilihan acara seru seperti menggambar dan mewarnai, juga menghias cup cake. Pasti seru menikmati kegiatan yang bisa bermanfaat untuk mereka.

Kedua, menyaksikan acara dan beragam kegiatan seni dan budaya lokal diantaranya adalah Bandung Tempoe Doloe yang telah diluncurkan sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Acara yang digelar setiap hari sabtu ini cukup menarik diikuti. Semua rangkaian acara juga berkaitan dengan momen hiburan masa lalu khas kota ini.

Di sisi ruang lain bisa ditemukan beberapa tempat duduk dan meja yang cukup nyaman untuk bersantap makanan khas hotel. Beberapa furnitur masih didominasi dengan bahan kayu dan beberapa aksesori lain yang menunjukkan kekhasan nuansa Sunda yang cukup kental.

Sumber: Traveloka
Sumber: Traveloka

Sebut saja salah satu hiburan hotel ini, yakni menyaksikan pemutaran film bertemakan sejarah dan budaya masa silam melalui layar tancap yang pernah populer di masa lalu. Uniknya lagi, penonton akan disajikan dengan beragam makanan khas Sunda seperti kue putu, ubi rebus, ketela rebus dan lainnya.

Gelaran acara budaya Sunda juga dilanjutkan dengan kesenian bela diri, Pecak Silat, tarian Jaipong dan sebagainya. Acara yang digelar di Bleaf Café hotel ini secara rutin diadakan setiap hari sabtu, malam minggu.

Ketiga, mencicipi makanan unik seperti sushi seblak, giant burger pizza dan pizza raksasa. Selain menu tersebut juga disediakan beragam pilihan kuliner khas Sunda yang akan membuat Anda ketagihan. Enak dan gurih khas Jawa Barat.

Sumber: Traveloka
Sumber: Traveloka

Itu tadi beberapa gambaran menarik tentang pilihan liburan keluarga di Bandung. Agendakan jadwal liburan Anda sekarang juga! jangan ragu untuk mengajak teman, saudara dan keluarga tercinta ke Kolam Renang Karang Setra Bandung. Selamat menikmati akhir pekan Anda!

Berikan Komentar Anda

avatar