Air Terjun Seporon Tangkel
Air Terjun Seporon Tangkel yang terletak di Kec. Jereweh Kab. Sumbawa Barat. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Berjarak sekitar 18 km dari Kota Taliwang, ibukota Kabupaten Sumbawa Barat atau 48 km dari Pelabuhan Poto Tano Anda akan sampai pada salah satu destinasi wisata yang ada di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat yakni Air Terjun Semporon Tangkel. Air terjun ini terlihat unik dan juga menawan tidak seperti air terjun kebanyakan. Air dari air terjun ini jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua.

Di tebing tersebut tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya berwarna hijau. Perpaduan air terjun, tebing berongga, akar-akar pohon, dan kolam berair hijau menciptakan panorama alam yang mengagumkan.

(Baca Juga: Jelenga, Pantai Dengan Ombak Kelas Dunia)

Terjun bebas untuk merasakan kesegaran air terjun ini akan menambah seru pengalaman petualangan mengitari destinasi yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Untuk mencapai Air terjun di Kecamatan Jereweh ini, dari Pelabuhan Poto Tano arahkan kendaraan menuju Taliwang.  Selanjutnya dari Taliwang perjalanan diteruskan ke selatan menuju Kecamatan Jereweh.

Dari Jereweh perjalanan diteruskan hingga ke lokasi air terjun berada. Jarak dari Jereweh ini sekitar 3 km melewati area persawahan. Kondisi jalan hingga Jereweh sudah beraspal bagus, akan tetapi selepas Jereweh masih berupa jalan tanah berbatu.

(Baca Juga: Menjelajahi Keindahan Jejak Air Terjun Penujan Sumbawa Barat)

Setiba di tempat parkir kendaraan, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter hingga tiba di lokasi air terjun berada dengan menyusuri jalan setapak ke bagian atas bukit. Kondisi jalan sudah terbantu dengan susunan anak tangga yang dibuat secara swadaya oleh pemuda setempat.

Air terjun ini memiliki keunikan karena tebingnya berbentuk seperti batu berundak yang memiliki rongga seperti gua menambah nuansa alami yang akan mengingatkan kita untuk selalu menjaga alam. Apalagi di atas tebing terdapat sebuah pohon besar dengan akar-akar panjang yang menjuntai di sekitar air terjun.

(Baca Juga: Gili Balu, Gugusan Pulau Dengan Sejuta Pesona Keindahan Alam)

Air terjun ini juga memiliki sungai yang sangat unik, karena airnya yang berwarna biru kehijau-hijauan, dan sangat segar, apalagi jika cahaya matahari sedang menerobos dari celah-celah pohon, kilauannya semakin membuat pemandangan air terjun ini terlihat sangat indah. Dengan keeksotisannya yang khas, Air Terjun Seporon Tangkel akan sangat menarik jika dikunjungi berame-rame.

Letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Kecamatan Jereweh dengan akses yang telah dibuka hingga lokasi terdekat air terjun, akan memudahkan ketika ingin merasakan langsung sensasi alami Air Terjun Seporon Tangkel. Meski sedikit membutuhkan perjuangan untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, namun pemandangan indah akan langsung terpampang di depan mata yang akan membayar lunas rasa capek dan penat. ©nws