Pantai Liang
Pantai Hunimua atau Pantai Liang memiliki air laut yang biru, tersimpan ekosistem terumbu karang yang indah sebagai wisata bahari [Fajar Melteng]

NEWSWANTARA – Tidak hanya Pantai Ora, Pantai Hunimua atau dikenal dengan sebutan Pantai Liang memiliki keindahan yang begitu memanjakan mata. Indonesia timur banyak menyimpan potensi alam yang membuat takjub. Pantai-pantainya yang masih ‘perawan’ mengisyaratkan untuk segera disapa.

Bagi yang sedang berlibur ke Ambon tentunya tidak lupa untuk mampir Pantai Liang yang terletak di Desa Liang berjarak 40 km dari pusat Kota Ambon. Tepatnya di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, wisatawan akan disambut dengan pemandangan mempesona dari air laut yang terlihat berwarna gradasi ditambah pasir putihnya.

Pantai Liang memang tidak sepopuler Pantai Kuta di Bali maupun pantai Ora yang merupakan tetangga pantai Liang. Namun pesona alamnya tidak kalah indah bagi traveler yang ingin selalu mencari suatu hal yang baru.

Keunikan dari pantai ini pernah dinobatkan oleh UNDB dan PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 silam. Pantai dengan sejuta pesona yang eksotis ini membuat berbagai wisatawan asing menjadikan wisata alam ini sebagai tujuan wisata mereka.

Baca Juga: 

Para turis asing tersebut kebanyakan datang dari benua Eropa, selain dari benua Eropa ada juga para turis yang datang dari Kanada dan Australia. Bagi yang pecinta diving bisa menikmati keindahan bawah laut (terutama pada lokasi) 50 meter dari tepi pantai.

Pada era globalisasi sekarang ini menjadi penting publikasi massal dalam hal branding. Keikutsertaan Pantai Liang dalam Sail Banda yang dilaksanakan pada tahun 2010 silam menjadi awal untuk pengenalan kepada publik.

Pengembangan objek wisata ini harus didukung oleh masyarakat setempat. Mendukung upaya pembangunan objek wisata nantinya juga akan mengejar ketertinggalan dibandingkan Pantai-pantai yang lebih dulu dikenal oleh wisatawan.

Terlepas dari konflik internal yang pernah terjadi di Ambon, berusaha memperbaiki kembali apa yang ada dijadikan sebagai titik balik perubahan. Kemilau potensi yang dimiliki Ambon menunggu untuk segera disapa.

Bentang alam yang eksotis menjadi daya tarik bagi Ambon. Citra positif dari bentang alamnya diharapakan dikenal secara nasional maupun internasional bahwa Ambon itu indah dan juga wilayah yang damai, nyaman dan memiliki potensi sumber daya alam.

Berikan Komentar Anda

avatar