Pulau Manimbora Berau Kalimantan Timur
Keindahan Pulau Manimbora yang begitu menawan [Pict : jejakalam.net]

NEWSWANTARA – Hamparan pasir memanjang ketengah laut dengan laguna di tepinya. Gradasi air laut menambah epic untuk dijadikan latar belakang berfoto selfie. Menapakan kaki di Pulau Manimbora seakan berdiri ditengah lautan lepas. Bagaimana tidak, hamparan pasirnya memanjang persis di tengah lautan lepas.

Pulau Manimbora tidak berpenghuni yang daratannya dipenuhi oleh pohon kelapa tempat biasa berteduh dikala teriknya matahari. Pasirnya yang menjorok memanjang akan terlihat ketika air laut surut. Pulau kecil ini teletak masih dalam kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Letak Pulau Manimbora sekitar 1 jam dari Labuan Cermin.

Baca juga : 

Menariknya, pulau Manimbora digunakan sebagai tempat pemakaman Suku Bajau yang tinggal di Pulau Balikukup. Tak heran jika berkeliling pulau ini pengunjung akan menemukan satu situs yang dipagari dan ada beberapa tengkorak yang sudah berserakan. Di Pulau ini biasanya diadakan acara ritual tahunan warga lokal yang menarik untuk disaksikan.

Pengunjung akan dijumpai dengan tengkorak yang berserakan di pulau ini. Pemandangan ini akan sedikit membawa aura mistis. Akan tetapi hal inilah yang menambah wawasan dan pengalaman baru ketika mengunjungi pulau ini. Terdapat juga kuburan dengan kondisi pagar makam yang sudah berantakan akibat abrasi dan terkena sapuan air laut.

Pulau Manimbora menjadi pulau persinggahan terakhir di perjalanan saat melakukan kunjungan ke Pulau Derawan. Pulau Manimbora memiliki kesamaan seperti pulau pembuka pada serial kartun SpongeBob SquarePants sehingga sering disebut juga Pulau SpongeBob. Ukuran pulaunya tak terlalu besar yang hanya memerlukan waktu 15 menit untuk mengelilinginya. (©nws)


Diolah dari berbagai sumber 

Berikan Komentar Anda

avatar