Pict : moslembalitour.com

NEWSWANTARA – Memiliki tempat tinggal dengan lingkungan yang bersih dan asri tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Lingkungan yang bersih dan asri akan membuat para penghuninya akan merasa nyaman dan tenang.

Desa Penglipuran merupakan sebuah desa Adat Bali yang terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Desa yang masih sangat kental akan kearifan lokal serta warga masyarakatnya masih menjunjung tinggi dan memegang teguh adat dan budaya Bali.

Cukup mengeluarkan 15 ribu untuk wisatawan lokal, 30 ribu untuk wisatawan mancanegara anda sudah dapat memasuki areal desa wisata Penglipuran, Bali. Tarif tersebut terbilang ekonomis untuk dapat melihat dan menikmati keasrian lingkungan dari desa yang tergolong sebagai desa terbersih di dunia.

Selain Desa Penglipuran di Bali, terdapat juga dua desa yang tergolong sebagai desa terbersih, namun bukan di Indonesia. Desa tersebut adalah Desa Giethoorn yang terletak di Overijssel, Belanda dan Desa Mawlynnong Meghalaya yang terletak di India. Keberadan desa Penglipuran di Bali mewakili desa terbersih di Indonesia untuk dunia.

Pict : pegipegi.com
Pict : pegipegi.com

Nama Desa Penglipuran sendiri berasal dari kata “Pengeling Pura” yang memiliki arti tempat suci untuk mengingat para leluhur. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Penglipuran adalah bertani, pada pagi hari mereka beraktifitas di lahan pertanian dan sore hari mereka duduk di depan rumah untuk berinteraksi dengan penduduk lainnya, sehingga hubungan sosial antar warga desa terjaga dengan baik.

Desa Penglipuran ini memiliki keunikan tersendiri dari desa-desa lain yang ada di Bali. Desa Adat Penglipuran memiliki bagian depan rumah yang serupa dan seragam dari ujung utama desa sampai bagian hilir desa. Keunikan yang dimiliki desa ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai destinasi unggulan untuk berwisata menikmati keindahan dan keasrian lingkungan yang ada di desa.

Keseragaman yang dilakukan masyarakat Desa Penglipuran patut di apresiasi. Kesadaran yang tinggi untuk menjaga lingkungan hingga menjujung tinggi kearifan lokal dapat dijadikan sebagai desa percontohan pada tingkat nasional.

Nilai-nilai yang selalu menghargai apa yang diberikan alam terhadap mereka dijaga dengan kesadaaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Kesadaran yang mestinya tidak hanya dimiliki masyarakat Desa Penglipuran melainkan masyarakat dunia untuk bersama-sama menjaga serta mencintai lingkungan.

Berikan Komentar Anda

avatar