kebun teh Ciater
Keindahan pemandangan kebun teh Ciater. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Liburan menjadi kegiatan yang wajib diagendakan lho, selain untuk mengisi waktu libur, liburan juga dinilai mampu mengurangi rasa stres akibat beban pekerjaan. Nah kali ini kamu bisa memasukkan Ciater di list kamu lho, sebagai daerah yang akan kamu kunjungi saat liburan nanti.

Ciater sendiri merupakan sebuah kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Jalan Cagak yang terletak di bagian selatan Kabupaten Subang di Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Wilayah Ciater ini merupakan daerah perbukitan hingga lereng Gunung Tangkuban Perahu yang terletak pada ketinggian 450-1800 meter di atas permukaan laut.

Oh ya, saat kamu di Ciater, kamu bisa menginap atau sewa villa melaui aplikasi Traveloka dengan berbagai pilihan dan harga yang terjangkau. Kamu bisa memilih ataupun menyewa villa di Traveloka dengan klik di sini. Nah sudah cukup terbayang dong keindahan Ciater, yuk kita langsung intip apa aja sih tempat wisata yang bisa kita temui jika berlibur ke Ciater.

Wisata Pemandian Air Panas Ciater

pemandian air panas ciater
Kawasan wisata pemandian air panas Alam Sari Ater di Ciater. (Foto: Istimewa)

Pemandian air panas yang beralamatkan di jalan Raya Ciater kabupaten Subang ini buka 24 jam lho dan lokasinya mudah sekali untuk diakses oleh kendaraan pribadi ataupun umum. Untuk masuk kedalam area pemandian ini setiap orang dikenakan biaya Rp. 35.000. Pemandian air panas Ciater ini terbagi menjadi dua bagian yaitu, kolam pemandian regular yang berbiaya Rp. 20.000-Rp. 50.000 dan kolam pemandian utama yang dipatok dengan harga Rp. 80.000 karena memiliki suasana lebih private dibanding yang regular.

Selain kolam, pemandian air panas ciater ini juga memiliki cukup banyak fasilitas yang dapat dinikmati lho, diantaranya villa, hotel dan bungalow yang bisa disewa untuk kamu yang ingin menginap dan menikmati lebih lama. Wisata Pemandian Air Panas Ciater ini ataupun yang sekadar ingin merasakan berendam di air panas saat malam hari.

Selanjutnya ada area outbond yang bisa menjadi pilihan untuk kamu jika sudah mulai bosan berendam dan ingin memacu adrenalin. Selain itu masih ada fasilitas-fasilitas lain yang tak kalah menarik seperti arum jeram, pemancingan, taman bermain anak, jalur bersepeda, area pemancingan, berkuda, musalla, bola voli dan basket, sewa perahu, golf dan terapi pijat.

Kebun Teh Ciater

Perkebunan teh yang terletak di kampung Dawuan, kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. (Foto: Tempo/Prima Mulia)

Kebun teh Ciater ini didirikan tahun 1934 sejak jaman penjajahan Belanda namun mulai beroperasi pada tahun 1937. Kebun teh Ciater berlokasi di lereng Gunung Tangkuban Perahu, yang terletak di tepi jalan raya Subang-Bandung. Ketika memasuki kawasan ini para wisatawan disuguhkan dengan hamparan hijau kebun teh yang sejuk, indah dan menyegarkan, membuat setiap mata betah untuk berlama-lama.

Bagi yang gemar berfoto, kebun teh ciater ini dapat menambah koleksi foto bagus kita lho!. Cocok sebagai tempat berfoto dan yang pasti instagramabel banget. Sedangkan untuk kita yang ingin kegiatan menantang, dengan biaya mulai dari Rp. 400.000 hingga Rp. 600.000 kita bisa menikmati flying tea, yaitu terbang diatas kebun teh dengan menggunakan paralayang atau paramotor. Kapan lagi kita bisa merasakan sensasi terbang dan menikmati hijaunya kebun teh yang menawan dari atas, seru bukan?.

Untuk yang enggan turun ke kebun tehnya tetap bisa kok menikmatinya dari tepi jalan raya. Dengan menepi kita sudah bisa melihat keindahan alam ini, ditambah dengan kopi atau teh hangat dan jagung bakar yang dijajakan oleh penjual sangat cocok untuk cuaca sejuk khas lereng pegunungan. Selain sebagai tempat wisata, Kebun teh Ciater juga dipergunakan sebagai tempat latihan atlit paralayang dan juga camping. Kamu apa gak pengen camping disini?

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy
Pemandangan Curug Cibareubeuy yang indah di Subang, Jawa Barat, (Foto: Instagram @hens4m)

Terletak di Cibeusi, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, rute untuk sampai ke Curug Cibareubeuy bisa diakses menggunakan angkutan pribadi dan umum lho. Namun perlu diingat untuk sampai di Curug Cibareubeuy ini dibutuhkan jalan kaki sekitar 1 jam dari tempat parkir lokasi wisata. Curug Cibareubeuy memiliki keindahan yang luar biasa dan membuat para pengunjung tak henti mengabadikan setiap sudut di area curug.

Selain itu, curug setinggi 40 meter ini menampilkan keindahan yang mampu membuat pengunjung tak jemu dan betah berlama-lama. Sangat cocok digunakan sebagai pelepas penat karena beban kerja dan kemacetan di kota. Selain menampilkan keindahan secara visual, jika anda ke curug yang berbentuk zig zag ini sangat direkomendasikan untuk berenang dibawah air terjunnya yang sangat sejuk dan menyegarkan.

Di bawah air terjunnya terdapat kolam kecil yang diisi oleh tumpahan air dari curug Cibareubeuy dan bisa dibuat berenang atau sekadar mendapatkan foto diantara tumpahan air. Hal lain yang dimiliki oleh tempat wisata ini ialah terdapatnya sebuah kampung senyum, tempat peristirahatan yang terdiri dari kumpulan bambu yang ditata rapi membentuk sebuah bangunan dan diperuntukkan bagi pengunjung yang hendak ke curug atau setelah dari curug dengan cara menyewanya.

Kemudian, pengunjung juga dapat berburu selfie dari menara Cibareubeuy. Dari menara Cibareubeuy pengunjung disuguhkan dengan pemandangan hutan dan gunung yang mengelilinginya. Tak hanya sebagai tempat wisata, Curug Cibareubeuy juga dapat digunakan sebagai lokasi camping pramuka. Untuk tiket masuk Curug Cibareubeuy sendiri diperlukan biaya Rp. 10.000. Cukup terjangkau kan dan pastinya worth it.