Yogyakarta (Jogja) selalu menjadi magnet bagi para wisatawan sebagai tempat menghabiskan masa libur akhir tahun. [dutawisata.co.id]

NEWSWANTARA – Momen akhir tahun bagi sebagian orang selalu identik dengan aktivitas liburan. Mungkin saat ini anda tengah memikirkan kemana akan menghabiskan liburan akhir tahun anda. Bagaimana jika liburan tahun baru di Jogja jadi destinasi selanjutnya?

Selain dikenal sebagai kota wisata budaya, Jogja juga dikenal sebagai kota yang tak pernah lelah menyajikan beragam hiburan dan atraksi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung. Nah, sebagai referensi, berikut ini ada 5 (lima) tempat wisata seru tahun baru di Jogja yang pas disambangi saat liburan akhir tahun. Mana saja?

Gunung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran [jogjapedia.net]

Gunung Nglanggeran sejatinya adalah gunung api purba yang berada tepat di Desa Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tinggi gunung yang “hanya” sekitar 700 mdpl ini kerap jadi favorit warga Jogja untuk beraktivitas hiking secara instan. Kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi liburan akhir tahun.

Baca Juga: Keindahan Alam Gunungkidul

Puncaknya yang tak begitu tinggi, tak mengharuskan Anda untuk membawa banyak perlengkapan hiking. Dari ketinggian ini, di malam pergantian tahun baru Anda bisa menikmati cahaya-cahaya kembang api yang berasal dari kota yang menghiasi langit. Seru!

Bukit Bintang

Melihat Kota Jogja dari ketinggian. [lookjogja.blogspot.co.id]

Tak jauh berbeda dengan Gunung Nglanggeran, Bukit Bintang yang ada di Jalan Raya Jogja–Wonosari KM 16 ini juga menawarkan sensasi pergantian malam tahun baru dari dataran tinggi.

Lokasinya yang mudah dijangkau dan hanya berjarak tempuh sekitar 30 menit dari kota, membuat Bukit Bintang juga kerap jadi pilihan favorit warga Jogja untuk menghabiskan malam tahun baru di sana. Kawasan ini juga cukup romantis jika disambangi bersama pasangan.

Candi Prambanan

[jogjadailytour.com]

Meski cenderung “mainstream”, Candi Prambanan tetap menawan jadi tempat favorit saat malam pergantian tahun baru. Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini biasanya kerap mengadakan berbagai macam hiburan rakyat.

Mulai dari kesenian tradisional, hingga pertunjukan musik populer jadi sajian hiburannya. Tak hanya itu, penyelenggara juga kerap menyiakan ratusan kembang api dan lampion yang akan menghiasi pengalaman malam pergantian tahun baru yang apik.

Candi Ratu Boko

[yogya-backpacker.com]

Candi Ratu Boko adalah salah satu candi purba yang wajib dikunjungi tatkala berkunjung ke Jogja. Pada momen akhir tahun, Candi ini pun tak luput jadi lokasi favorit warga Jogja untuk menghabiskan malam tahun baru.

Seperti misalnya pada perayaan tahun baru 2015 kemarin, Candi Ratu Boko menghelat acara pergantian tahun dengan meriah. Acara yang disajikan mulai dari atraksi tradisional seperti Cokekan, Gejog Lesung, Srandul, Angklung Jalanan, hingga acara modern seperti pertunjukan musik akustik berhasil menghibur pengunjung yang diklaim mencapai seribu orang.

Kawasan Malioboro

Sebagai salah satu landmark utama Jogja yang telah mendunia, Malioboro sepertinya layak untuk jadi tempat wajib kunjung saat malam tahun baru di Jogja. Selama bertahun-tahun, Malioboro selalu sukses jadi magnet keramaian saat momen malam pergantian tahun.

Banyak acara dan atraksi yang diadakan di sana. Salah satunya adalah pesta kembang api yang memukau. Disarankan untuk Anda jangan membawa kendaraan pribadi, kawasan Malioboro biasanya akan steril dari kendaraan saat malam tahun baru.


Sumber: SWA

Berikan Komentar Anda

avatar