Tugu Kujang yang menjadi salah satu ikon Bogor (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Kota Bogor masih menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya kota ini masih cukup dekat dan terletak di daerah yang sejuk. Selain itu, kota ini juga memiliki beragam wisata pilihan mulai untuk pecinta kuliner, untuk liburan keluarga hingga untuk para pencari liburan hemat yang murah meriah.

Nah, untuk Anda yang berencana liburan ke Bogor namun memiliki budget yang terbatas,
berikut ini 5 rekomendasi wisata Bogor yang murah dan wajib dikunjungi.

Kebun Raya Bogor

Istana negara di Kebun Raya Bogor.
Istana negara di Kebun Raya Bogor. (Foto: Fachri Reza)

Kebun Raya Bogor menjadi satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kala berlibur dengan
budget terbatas di kota Hujan ini. Tidak hanya pas untuk piknik, di Kebun Raya Bogor, Anda bisa menikmati berbagai tumbuhan dan sejarah. Apalagi, kebun ini memiliki luas 87 hektare sehingga tidak akan membuat Anda bosan berkeliling.

(Baca Juga: Bunga Anggrek Tien Soeharto Yang Kini Kehilangan Habitat Aslinya)

Dengan harga tiket yang murah, yakni 15 ribu per orang serta lokasi yang mudah dijangkau karena dekat stasiun, Kebun Raya Bogor memang pas untuk liburan hemat.

Istana Bogor

Istana Kepresidenan Bogor
Istana Kepresidenan Bogor. (Foto: Istimewa)

Masih berada di pusat kota, Anda bisa bermain ke istana Bogor. Dalam tempat kenegaraan ini, Anda bisa berkeliling dan melihat keindahan bangunan bersejarah hingga taman istana yang tertata rapi.

(Baca Juga: Mengenal Kebun Raya Pertama Buatan Indonesia)

Jika Anda tidak dapat masuk ke istana, Anda tetap bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di istana. Untuk sekadar masuk ke halaman istana, pengunjung tidak dikenakan tarif.
Namun untuk memberi makan rusa, Anda bisa membeli sayuran di sekitar pagar istana dengan harga 5-10 ribu saja.

Museum Etnobotani

Museum Etnobotani Bogor
Museum Etnobotani Bogor. (Foto: Istimewa)

Bagi Anda yang ingin wisata pendidikan dengan murah meriah, bisa berkunjung ke Museum Etnobotani yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda. Dalam museum ini, Anda akan menemukan berbagai koleksi menarik mulai ilmu botani hingga berbagai koleksi budaya dari seluruh nusantara.

(Baca Juga: Belajar Mengenal Kekayaan Fauna Nusantara di Museum Zoologi Bogor)

Setidaknya ada 2000 koleksi sejarah yang dipamerkan dalam gedung ini. Anda pun dapat mengenalkan alat musik tradisional, pakaian tradisional hingga berbagai tanaman lokal ke keluarga tanpa harus membayar mahal.

Taman Sempur

Taman Sempur Bogor
Taman Sempur Bogor (Foto: Tribunnewsbogor/Lingga Arvian Nugroho)

Wisata Bogor murah yang layak dikunjungi berikutnya ialah Taman Sempur. Kawasan ini
merupakan salah satu gelanggang olahraga yang kini dikembangkan lengkap dengan tempat rekreasi dan kuliner. Di kawasan ini, terdapat taman eskpresi yang menghadirkan acara nonton film setiap bulannya.

Ada juga area bermain anak hingga area kuliner dengan berbagai menu dan jajanan. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan tanpa tiket masuk, wisata murah meriah di Bogor ini memang bisa dicoba.

Taman Ade Irma Atau Taman Topi

Taman Ade Irma
Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah (Foto: Beritasatu/Vento Saudale)

Untuk Anda yang membawa anak-anak, bisa berkunjung ke tempat wisata Bogor taman Ade Irma. Taman ini terletak di area pusat kota, tepatnya jalan dewi sartika. Taman yang dibangun dari tahun 1975 ini memiliki belasan wahana permainan yang bisa dimainkan dengan harga murah.

Itulah 5 Rekomendasi Wisata Bogor Yang Murah dan Wajib Dikunjungi, Jika Anda sedang berada di Bogor jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi 5 destinasi wisata tersebut. Ayo liburan ke Bogor!