pict : wiendunuryanti.com

NEWSWANTARA –  Festival seni rupa kontemporer yang merupakan agenda tahunan dari kota yagyakarta “Art Jog” pada tahun ini akan digelar pada 27 Mei hingga 27 Juni 2016 bertempat di Jogja Nasional Museum. Ajang seni rupa kontemporer Art Jog 9 kali ini akan degelar dengan menghadirkan 97 karya dari 72 seniman dalam negeri dan mancanegara.

Art Jog 9 kali ini digelar dengan mengusung tema “Universal Influence”. Dengan dipilihnya tema Universal Influence memiliki arti bahwa pengaruh universal dilakukan berdasarkan pemahaman bahwa apa yang telah menjadi kebudayaan global atau universal lahir melalui akumulasi peristiwa sejarah.

Simbol angka sembilan dalam Art Jog memiliki arti bahwa 9 adalah angka tertinggi. Melalui tema yang diusung tersebut pihak penyelenggara berpendapat bahwa nantinya kita dapat mengetahui bagaimana pengaruh itu berdampak terhadap diri kita. Kita juga akan menyadari bahwa kita bukan hanya bangsa korban pengaruh.

Festival Art Jog 9 ini akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dari tahun lalu. Tahun ini dalam Festival Art Jog akan menghadirkan sesuatu yang spesial dengan mengundang seniman-seniman yang memang dinilai oleh pihak penyelenggara penting untuk dihadirkan.

Ada sekitar 62 seniman dalam negeri dan 10 seniman mancanegara seperti Malaysia, Jepang, Australia, serta Filipina yang karyanya akan ditampilkan pada festival Art Jog 9. Karya yang dihadirkan terdiri atas karya dua dimensi, tiga dimensi, video, specific object (objek khusus), serta performance (pertunjukan)

Seniman dalam negeri yang akan hadar pada festival Art Jog 9 tersebut antara lain Nasirun, Garin Nugroho, Eko Nugroho, Agus Suwage, FX Harsono, serta Djoko Pekik.

Dengan tema yang diusung tersebut, tim penyeleggara Art Jog 9 akan mengubah Jogja Nasional Museum yang menjadi tempat pameran seolah-olah kembali menjadi Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) yang telah melahirkan seniman-seniman besar seperti Affandi.


Sumber : antaranews.com

Berikan Komentar Anda

avatar