Pict : kompas.com

NEWSWANTARA – Khusus di Pesisir Selatan, selain Festival Langkisau Pemerintah Kabupaten (pemkab) juga akan melakukan berbagai kegiatan promosi wisata dengan melakukan berbagai event dan pagelaran.

Pada 2017 mendatang pihaknya akan menggelar ‘Festival Pesona Mandeh’ di Kawasan Wisata Bahari Mandeh yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan seperti halnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai yakni Festival Pesona Mentawai.

Festival Langkisau merupakan festival tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2002 merupakan satu paket kemasan acara yang menjadi pesta rakyat sebagai konsep dalam upaya meningkatkan potensi pesisir selatan. Kegiatan dalam bentuk rangkaian acara ini merupakan salah satu festival yang ada dari beberapa festival yang terdapat dalam pengembangan potensi di Sumatera Barat.

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini terletak di pantai barat Sumatera Barat arah selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu yang memiliki panjang garis pantai 218 km. Topografi daerah ini berada dalam bentang alam dataran tinggi gunung dan perbukitan yang merupakan gugusan bukit barisan.

Kabupaten Pesisir Selatan beribukota di Painan, dengan jarak tempuh dari Bandara Internasional Minangkabau memakan waktu kurang lebih 2,5 jam. Memberikan pesona dan keragaman potensi dari daerah yang memiliki sekitar 420.000 penduduk. Karena keberadaannya yang terletak di garis pantai barat Sumatera dan topografis gunung serta gugusan bukit barisan.

Melihat letak wilayah dan topografis wilayah, dapat kita ketahui kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi ekonomi dan sumber daya alam yang berasal dari hasil maritim dan agraris, sehingga sebagian besar penduduk daerah ini bergantung kepada mata pencaharian yang menghasilkan tanaman pangan, perikanan dan perdagangan. Selain itu daerah ini memiliki potensi pertambangan, perkebunan dan pariwisata.

Berikan Komentar Anda

avatar