Pict : banyuwangibagus.com

NEWSWANTARA – Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli mengungkapkan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bisa menjadi salah satu contoh bagi daerah lain dalam hal pengembangan pariwisata yang terus berkembang pesat.

Banyuwangi menjadi contoh bagaimana daerah yang dulunya hanya daerah lewatan, khususnya bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke pulau Bali melalui jalur darat sekarang berubah menjadi daerah tujuan wisata. Pendapatan perkapitanya naik dua kali lipat serta angka kemiskinannya turun.

Banyuwangi Art Week, dan Agro Expo yang digelar pada Sabtu (9/4/2016) merupakan kegiatan Festival Kuliner yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah banyuwangi dalam mengangkat dan mempromosikan menu sarapan khas warga Banyuwangi makanan khas daerah tersebut, yakni ‘sego cawuk’¬†di Taman Blambangan, Banyuwangi.

Sego cawuk ini biasa disajikan memakai daun pisang, yang isinya terdiri dari nasi yang dicampur kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda bakar, dan kuah ikan pindang. Lauk pendampingnya ada pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah, dan semanggi sambal serai.

Baca Juga : Festival kenduri durian Wonosalam

Di festival ini, tampak ratusan peserta yang berasal dari para penjual sego cawuk, koki hotel, dan restoran serta masyarakat umum berlomba menampilkan sego cawuk yang sangat menggoda selera.

Selain festival kuliner, di lokasi yang sama juga digelar pameran agro khas Banyuwangi. Bermacam produk unggulan hortikultura berupa buah-buahan asli Banyuwangi dan tanaman pangan, termasuk durian merah, yang juga merupakan buah khas Banyuwangi.

Pict : jatimtimes.com
Pict : jatimtimes.com

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan puluhan festival ini digelar sebagai upaya untuk mempromosikan Banyuwangi serta upaya menumbuhkan dunia usaha di daerah itu, termasuk memberikan panggung kepada potensi lokal masyarakat setempat.

Banyuwangi terus konsisten menggelar festival yang mengangkat potensi lokal, seperti festival pasar ikan yang akan digelar pada 15 Oktober 2016, yang dilanjutkan dengan Petik Laut Muncar. Festival pasar ikan menjadi suatu festival yang unik dikerakan potensi perikanan dari Kabupaten Banyuwangi yang tinggi.

Banyuwangi Festival 2016 menggelar 53 kegiatan yang akan digelar sepanjang tahun. Tahun ini, kalender wisata tahunan yang sudah digelar sejak 2012 itu menampilkan berbagai potensi Banyuwangi, mulai kekayaan seni dan budaya, kegiatan olahraga dan pariwisata, sampai kearifan lokal melalui sebuah festival yang unik dan kreatif.


Sumber : CNNIndonesia

Berikan Komentar Anda

avatar