Pict : khalifatullah1408.wordpress.com

NEWSWANTARA – Kawasan nusantara yang luas dan terbagi dalam beribu-ribu pulau menjadikan Indonesia kaya akan flora dan fauna yang menakjubkan. Secara geografis, Indonesia berada di dua zona wilayah, yaitu zona Asia dan Australia yang menjadikan Indonesia semakin kaya akan berbagai macam jenis flora dan fauna.

Kelimpahan yang didapatkan Indonesia patutnya dipelihara dan dilestarikan agar berbagai macam kekayaan flora dan fauna yang ada tidak punah dan selalu terjaga kelestariannya dengan baik. Indonesia tercatat ditempati 2.827 jenis satwa vertebrata non ikan. dari jumlah tersebut 848 diantaranya merupakan jenis endemik yakni jenis yang hanya terdapat di indonesia.

Disamping itu Indonesia juga ditumbuhi sekitar 37.000 jenis tumbuhan tinggi dari antara 155.475 sampai 183.025 tumbuhan yang ada di dunia. dari jumlah tersebut sekitar 14.800 sampai 18.500 tumbuhan merupakan tumbuhan endemik indonesia.

(Baca Juga : Potensi Ekonomi Produktif Daerah Pesisir Indonesia)

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan flora dan fauna yang merupakan terlengkap di dunia akan keberagamannya. Indonesia terletak di daerah tropis, sehingga mempunyai hutan hujan tropis (trophical rain forest) yang kaya akan tumbuhan dan hewan hutan tropis.

Terletak di antara dua Benua Asia dan Australia juga merupakan negara kepulauan menyebabkan setiap pulau di Indonesia memungkinkan tumbuh tumbuhan khas hingga penyebaran hewan dengan kondisi alamnya.

Pict : daftarmenarik.com
Pict : daftarmenarik.com

Persebaran fauna di Indonesia dikelompokkan dalam tiga wilayah geografis yang dibagi berdasarkan Garis Wallace, yaitu wilayah Indonesia barat, Indonesia Tengah dan Indonesia Timur. Fauna yang terdapat di wilayah Indonesia Barat bertipe Asiatis, di wilayah Indonesia Tengah Merupakan fauna asli Indonesia, sedangkan fauna wilayah Indonesia Timur bertipe Australis karena mendapat pengaruh dari benua Australia.

Flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Kelompok pertama meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok Indo-Malayan ini adalah Kalimantan, Sumatra, Jawa, dan Bali.

Kelompok kedua meliputi tumbuhan yang berada kawasan Indonesia Timur. Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan Indo-Australian ini adalah Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.