pict : tripjalanjalan.com

NEWSWANTARA – Bukan hanya susu kuda liar dan madu yang selama ini identik dengan Sumbawa, pulau ini juga memiliki pesona alam yang sangat eksotis yang selama ini jarang diketahui oleh banyak orang. Pulau yang teletak diseblah timur Indonesia, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Sumbawa Barat baru terbentuk sekitar sepuluh tahun lalu, yakni di tahun 2006 menjadi tahun yang dijadikan sebagai hari jadi kabupaten ini.

Pertama kali menapaki kaki di Sumbawa, hampir semua sudut mata memandang, melihat dengan rasa penasaran yang tinggi. Mencari yang namanya kuda liar sebagai rasa penasaran ingin membuktikan pengenalan Sumbawa dengan susu kuda liar.

Ekspektasi dengan susu kuda liar, tadinya di Sumbawa mememungkinkan dengan mudah dijumpai ternyata di luar rasa penasaran yang selama ini menjadi gambaran akan pulau Sumbawa susu kuda liar pada saat ini sangat sulit ditemukan. Namun pulau ini masih menyimpan sisi lain keunikan dan keindahannya, salah satunya adalah Pulau Kenawa.

pict : pegipegi.com
pict : pegipegi.com

Poto Tano menjadi pintu masuk pulau ini, yang menjadi rute tetap dari Pulau Lombok dengan nama pelabuhan Kayangan. Menempuh jarak kurang lebih satu jam empat puluh lima menit dari pelabuhan Kayangan, kapal Ferry bergerak ke arah timur menuju pelabuhan Poto Tano.

Sesampainya di pelabuhan Poto Tano, mata akan disuguhkan dengan pemandangan yang gersang, pemandangan yang menjadi ciri khas dari daerah bagian timur Indonesia. Menjadi tertantang untuk mengeksplor daerah Sumbawa bagian barat ini.  

Kabupaten yang terletak dibagian barat pulau Sumbawa ini banyak menyimpan potensi yang memungkinkan untuk digali. Potensi yang ada di Sumbawa Barat terdari dari hasil tambang, yang telah dikelolah oleh perusahaan asing. Selain itu masih banyak potensi yang belum di optimalkan. Satu diantaranya pulau Kenawa ini. 

Pulau Kenawa menjadi ramai untuk diperbincangkan dengan kemajuan teknologi jaman sekarang. Banyak yang mempublis di media sosial membuat pulau ini menjadi primadona untuk dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata. Pulau yang memiliki karakter dan keunikan, sehingga banyak membuat decak kagum pengunjungnya.

Sabana yang indah dengan dilengkapi satu bukit yang melengkapi suasana alam pada ketinggian. Membuat imajinasi merasa terdampar pada sebuah surga yang dihuni oleh bidadari. Terlebih dengan bawah laut, dipulau ini juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dengan terumbu karang yang masih sangat natural.

Berikan Komentar Anda

avatar