Pantai Jelenga
pict : ciricara.com

NEWSWANTARA – Samudra Hindia merupakan samudra ketiga terbesar di dunia meliputi hampir 20% permukaan air bumi yang mempunyai luas 77.118.00 km2. Mempunyai kedalaman rata-rata 3.811 meter, sedangkan titik terdalamnya 7.449 meter. Samudra Hindia meliputi Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengala, Teluk Perna, Selat Malaka, Teluk Oman, Teluk Aden, dan Great Australian Bight.

Sebelah selatan Indonesia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang menjadikan Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Ini mebuat indonesia kaya dengan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang berlimpah ruah.

Baca Juga : Kenawa, Sisi lain dari Sumbawa

Sumbawa Barat serta kekayaan alamnya adalah salah satu bukti keindahan Indonesia. Keanekaragaman budaya, pesona hamparan alam yang masih alami menjadikan Sumbawa Barat sangat potensial untuk dapat dikelola dengan baik, guna menghasilkan karya-karya terbaik untuk dapat dinikmati oleh generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

Pantai Jelenga ini merupakan pantai yang tergolong masih sangat natural, karena jarang pengunjung yang mengunjungi pantai ini, hanya pada musim-musim tertentu pantai ini ramai pengunjungnya. Sekalipun tergolong alami dan sepi, tetapi pantai ini sangat nyaman dan indah digunakan untuk sunbath, karena udara tropisnya sangat terasa.

Potensi wisata Sumbawa Barat terbentang dari ujung Poto Tano hingga Kecamatan Sekongkang yang sangat bervariatif. Pesisir Pantai Poto Tano hingga ujung Desa Telonang yang terletak di Kecamatan Sekongkang sebagian besar berpasir putih dengan sisipan perbukitan batu cadas menjorok kelaut yang sebagian berujung dihamparan terumbu karang 

Bagi pencinta olah raga air khususnya surfing, Pantai Jelenga sudah familiar terdengar di telinga mereka. Spots surfing yang termasuk dalam 10 spots terbaik di Indonesia. Pantai yang memiliki ombak kelas dunia yang di kenal dengan Scar reef terletak di Kecamatan Jereweh Desa Jelenga.

Selain itu ada juga ombak Yoyo’s di Kecamatan Sekongkang, Super Suck di Kecamatan Maluk. Sebagai golden triangle, artinya seolah-olah menjadi syarat wajib bagi penggila Surfing untuk menjajal keganasan ombak Pantai Jelenga. Ombak bernama scar reef, menurut para surfer jenis ombak ini hanya ada di beberapa pantai seperti Hawai dan Mentawai. Laut di Sumbawa Barat memiliki jenis ombak yang lebih lengkap melampauhi Pantai Mentawai. 

Memiliki ombak kelas dunia bukan tidak mungkin pariwisata Sumbawa Barat mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Kondisi yang natural akan memberi nuansa tersendiri bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan alam. Masyarakat lokal yang bersahabat membawa kesan multikultur pada rantai simbiosis mutualisme.

Diharapkan dengan majunya pariwisata Sumbawa Barat akan sangat membantu dalam pertumbuhan ekonomi pada tingkat lokal maupun daerah. Untuk itu, peran dalam memajukan suatu daerah akan sangat membutuhkan keikutsertaan masyarakat lokal maupun pemerintah yang terkait dalam mewujudkan peradaban manusia yang humanis serta sosialis. 

Berikan Komentar Anda

1 Komentar Pada "Jelenga, Pantai Dengan Ombak Kelas Dunia"

avatar
Yusuf
Guest

Good