NEWSWANTARA – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia dianugerahi kekayaan keanekaragaman hayati yang membentang dari Sabang sampai Merauke, satu diantaranya Provinsi Jambi yang terkenal dengan iklim tropis dan kaya akan sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati.

Disamping Letak Provinsi Jambi yang cukup strategis di bagian barat Indonesia, Provinsi Jambi semakin istimewa ditambah lagi dengan ditemukannya beberapa potensi keragaman geologi disepanjang aliran sungai Merangin dan Mengkarang.

Kekayaan geologis yang dimiliki geopark merangin lebih lengkap jika dibandingkan dengan geopark lainnya, seperti di China dan Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan selain banyaknya fosil kayu Araucarixylon dan fosil Stereochia Semireticalatus yang berupa kerang-kerangan (Brachiopoda), kerang mutiara purba (Nautiloide) dan juga Bellerophon.

Fosil daun yang juga ditemukan pada geopark merangin. (Joni Aswira)
Fosil daun yang juga ditemukan pada geopark merangin. (Joni Aswira)

Tercetak membatu di endapan abu vulkanik purba dan diyakini masih banyak fosil objek geologi lainnya yang terpendam di dalam tanah dengan perkiraan 20 juta tahun lalu. Geopark merangin berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang cenderung masih terjaga kelestarian alamnya.

Kondisi yang masih terjaga jika dibandingkan dengan geopark di China dan Amerika dengan ekologis yang mulai rusak akibat industri dan ulah manusia. Kondisi Geopark Merangin yang sangat tinggi akan ekologis ini bisa menjadi modal penting untuk masuk dalam jaring geopark dunia (global geopark network).

Penelitian berkelanjutan dan proses percepatan pengembangan kawasan tersebut kini terus dilakukan. Termasuk juga dari pemerintah daerah yang telah membentuk tim dalam percepatan pengembangannya. Sikap responsif yang diambil guna untuk sesegera mungkin mengakui keberadaan Geopark Merangin oleh UNESCO.

Baca Juga: 

Secara harfiah Geopark berarti taman bumi yang mengacu pada situs warisan geologis (geological heritages) dan terintegrasi dengan warisan budaya (cultural heritages) di wilayah itu sendiri yang bertujuan sebagai bagian konservasi, edukasi dan pembangunan dengan sistem berkesinambungan.

Geopark atau biasa disebut kawasan taman bumi adalah salah satu situs yang banyak memiliki peninggalan kuno dari kehidupan masa lalu. Terletak di Kabupaten Merangin tepatnya di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap, penemuan geopark ini berawal dari penemuan fosil purba yang berukuran 2,5 di pinggir sungai sesaat melakukan aktifitas arum jeram.

Geografis tempat ditemukan situs purba itu memang cocok dalam melakukan olahraga arum jeram. Memliki arus yang menantang terbentuk dari bebatuan alam secara alami, menjadi pilihan untuk menjajal aliran sungai Merangin. Track Arung Jeram Merangin berjarak sekitar 9 Kilometer dengan spesifikasi grade 3 bagi penikmat olahraga menantang ini.

Para wisatawan pun dapat mengamati berbagai fosil-fosil, baik itu berupa fosil tumbuhan purba maupun fosil hewan purba. Geopark merangin akan menjadi ladang riset utama para geolog dunia dalam mempelajari evolusi bumi. Geopark merangin termasuk dalam situs geopark tertua di dunia.

Berikan Komentar Anda

avatar