Wisata Warisan Ahok
Wisata Warisan Ahok [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

NEWSWANTARA – Transisi pergantian jabatan Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi sebuah celah bisnis bagi pelaku usaha wisata yakni dari komunitas Jakarta Food Traveler yang sengaja membuat kegiatan unik guna meraup keuntungan. Kegiatan tersebut dinamai dengan ‘Wisata Warisan Ahok’.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok rupanya masih menjadi magnet bagi warga DKI Jakarta. Hal tersebut terbukti dengan adanya kegiatan Wisata Warisan Ahok yang berisi kegiatan rekam jejak Ahok selama menjabat menjadi orang nomor satu di Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga :

Selain sebagai ungkapan terimakasih kepada Ahok, wisata itu juga sebagai wujud apresiasi atas perubahan positif kondisi Ibukota setelah mantan Bupati Belitung Timur itu melakukan berbagai upaya perbaikan.

Kegiatan trip wisata tersebut secara rutin diadakan tiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan sudah berlangsung dua bulan, tepatnya sejak September lalu. Sampai saat ini sudah ada sekitar 800 orang dalam dua bulan. Selain itu, kegiatan ini sengaja digagas agar masyarakat Jakarta tahu dan senang berwisata di kotanya sendiri.

Lokasi yang dituju dalam kegiatan wisata antara lain, Tour Balai Kota, Taman Kalijodo, Tugu Monumen Nasional (Monas), Rumah Betawi Monas, Air Mancur Joget Monas, Simpang Susun Semanggi, Makam Mbah Priok, hingga Rusunawa Marunda.

Dalam perjalanan ke setiap lokasi wisata, para peserta juga menikmati transportasi wisata gratis berupa bus tingkat. Pelaksanaan wisata kota itu dikelola secara independen dan tak berdasarkan instruksi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hanya saja, pengelola kegiatan meminta izin untuk mengadakan tur berkeliling Balai Kota.

Pelaksana dari kegiatan yang bersifat trip organizer independen ini tidak ada hubungan sama sekali dengan partai, pemda. Kegiatan ini juga membebankan biaya kepada setiap peserta tur dengan tarif Rp 60 ribu per satu orang.

Berikan Komentar Anda

avatar