Presiden Jokowi saat mengunjungi Kantor Pusat Facebook

NEWSWANTARA – Berdasarkan hasil studi terbaru tentang ‘World Leaders on Facebook’ yang dikeluaran Burson-Marsteller, Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi salah satu pemimpin dunia yang mempunyai jumlah pengikut (followers) terbanyak dalam jejaring sosial Facebook.

Jokowi menempati posisi kesembilan dari 590 kepala negara dan pemerintahan yang memiliki laman Facebook dengan jumlah pengikut sebanyak 6.483.653 di laman Facebook miliknya. Sementara di posisi pertama adalah Perdana Menteri India Narendra Modi dengan 40 juta pengikut. Sementara itu Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump berada di tempat kedua dengan 20 juta pengikut.

Di lingkup Asia Tenggara, Jokowi merupakan pemimpin negara nomor dua terbanyak jumlah pengikutnya, hal tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan Perdana Menteri Kamboja Samdech Hun Sen dengan khalayak sebanyak 6.778.542 pengikut.

Perdana Menteri Kamboja ternyata memiliki peningkatan yang cukup signifikan pada laman Facebooknya, melihat angka miliknya meningkat empat kali lipat, dari 1.6 juta menjadi 6.5 juta pengikut dari tahun ke tahun.

Samdech Hun Sen memiliki laman Facebook yang tidak konvensional, dia kerap membagikan foto-fotonya di “belakang layar” atau saat berlibur bersama istri dan cucu-cucunya. Unggahan-unggahan Facebooknya mendapat 58 juta interaksi, ketiga terbanyak setelah Donald J. Trump dan Narendra Modi.

World Leaders on Facebook
Pemimpin dunia dengan pengikut terbanyak [Burson-Marsteller]

Studi dari Burson-Marsteller ini menawarkan pandangan yang cukup menarik untuk melihat bagaimana pemimpin perusahaan mengambil pelajaran dari cara-cara pemimpin dunia menggunakan Facebook, salah satunya adalah dengan cara membawa nuansa pribadi dalam komunikasi mereka.

Fakta menarik lainnya adalah, Laman Facebook personal Donald J. Trump mengalami pertumbuhan fenomenal selama kampanye pemilihan umum di 2016, dengan jumlah pengikut meningkat tiga kali lipat dari 5,1 juta ke 16,7 juta.

Pada 1 Februari 2017, 12 hari setelah inagurasinya, laman @DonaldTrump telah memiliki 19.806.840 pengikut dan terus bertambah. Status unggahan Donald J. Trump yang ditulis dengan huruf capital setelah memenangkan pemilu AS pada 8 November 2016, menjadi unggahan terpolulernya dengan 1,2 juta interaksi.

Sementara itu dari segi interaksi (likes, comments dan share), Modi lagi-lagi menduduki peringkat pertama dengan 169 juta interaksi, diikuti oleh Hun Sen dengan 58 juta interaksi. Meski berada di peringkat 9 dari segi pengikut, laman Facebook Jokowi tidak masuk 10 besar dari segi interaksi.

Berikan Komentar Anda

avatar