Penduduk Indonesia bermata Biru
Salah satu penduduk Siompu yang memiliki mata biru (Dok: La Ode Yusrie)

NEWSWANTARA – Desa Siompu yang terletak di Sulawesi Tenggara terdapat penduduk yang memiliki ciri fisik berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Keberadaan
suku Indonesia bermata biru ini terkuak oleh seorang peneliti bernama La Ode Yusrie. Kala
itu ia melakukan penelitian tentang benteng-benteng di Siompu yang kemudian berubah haluan ketika mendengar kabar adanya suku Indonesia yang bermata biru dari seorang pedagang.

Rasa penasaran itu kemudian menuntunnya hingga sampai di Desa Kaimbulawa yang jauh dari Kecamatan Siompu Timur. Siompu Timur merupakan salah satu kecamatan yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebuah desa yang memakan waktu tempuh 40 menit perjalanan laut dari pelabuhan Topa kota Baubau.

Pemaparan masyarakat setempat, iris mata biru ini diwarisi dari orang-orang Portugis.
Disebut bahwa pada abad ke-16, Desa Siompu juga dikuasai oleh Portugis. Penduduk
setempat memiliki hubungan baik dengan bangsa Portugis yang bahkan mereka
diperbolehkan meminang gadis Siompu.

Kemudian pemimpin Portugis menikahi gadis keturunan bangsawan bernama Waindawula. Ia adalah keturunan dari La Laja, bangsawan Wolio. Salah satu keturunannya La Ode
NtaruLakinaLiya (Raja Liya) yang berkuasa pada tahun 1928 memiliki perawakan seperti
bangsa Eropa.

Adanya rumpun bermata biru ini membuktikan bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman masyarakatnya. Sebelum banyak diberitakan, rumpun bermata biru di Siompu, di sebuah pedalaman Halmahera juga terdapat suku Lingon yang memiliki ciri-ciri hampir sama dengan penduduk Siompu.

Dari beragamnya ciri fisik manusia tersebut, kita bisa belajar satu hal, yaitu perbedaan adalah hal yang menarik. Indonesia yang terdiri dari beragam suku memiliki perbedaan bahasa dan budaya hidup rukun saling berdampingan. Sebuah potret yang patut dibanggakan dari negara yang besar dari perbedaan.

Berikan Komentar Anda

avatar