Desa Teletubbies
Rumah di kampung ini nampak layaknya rumah yang dihuni para teletubbies di serial TV anak-anak yang dibangun pasca gempa bumi besar tahun 2006 di Yogyakarta

NEWSWANTARA – Konsep bangun di desa ini menyerupai bangunan di serial televisi
Teletubbies hingga masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Desa Teletubbies. Lokasi perkampungan ini dikenal dengan nama Kompleks Rumah Dome yang terletak di Desa Ngelepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Keberadaan desa ini tidak lepas dari bencana gempa yang melanda Yogyakarta tahun 2006 silam yang melululantakan seisi kota. Kerusakan terjadi dimana-man, termasuk juga daerah perbukitan yang mengalami kerusakan total yaitu Desa Sengir dimana tanahnya ‘ambles’ hingga kedalaman enam meter.

Baca Juga: Mengenal Desa Adat Yang Ada di Indonesia

Penduduk di desa itu harus direlokasi karena sudah tidak layak lagi untuk ditempati. Warga harus di relokasi yang kemudian mendapat penawaran dari pemerintah. Pemerintah kemudian bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan The Domes For The World Foundation (DFTW) untuk membuat hunian desa baru.

Rumah ini memiliki diameter 7 meter dengan ketinggian puncak 4 meter. Terdapat dua daun jendela dan pintu. Pondasi bangunan tertanam sekitar 20 meter di dalam tanah yang dibangun melibatkan warga setempat. Sebanyak 80 unit bangunan dengan rincian 71 bangunan adalah rumah dari 71 kepala keluarga.

Desa ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti aula, mushalla, dan puskesmas, serta beberapa toilet bersama yang disediakan disetiap kompleks. Disebutkan dalam laman situs The Dome For The World Foundation, rumah dome hanya ada di 5 negara sasaran penerima bantuan, yaitu Indonesia, India, Belize, Haiti, dan Etiopia.

Baca Juga: Berwisata Hati di Kota Sukabumi

Rumah dome ini merupakan satu-satunya kompleks rumah dome yang ada di Indonesia. Keunikan desa ini tidak sedikit membuat penasaran banyak orang hingga banyak juga yang berkunjung untuk sekedar menjawab rasa penasaran. Akses menuju kompleks Desa Teletubbies ini terbilang mudah karena lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Candi Ratu Boko.

Kompleks Perumahan yang kemudian disebut sebagai “The New Nglepen” ini memiliki keunikan yang kemudian membuat Dinas Pariwisata setempat mengelola serta mempromosikan desa tersebut sebagai desa wisata. Desa Teletubbies kini telah berubah menjadi Desa wisata yang juga memberi keuntungan secara ekonomis kepada masyarakat setempat untuk bisa dijaga secara bersama-sama. (©nws)

Berikan Komentar Anda

avatar