Tiket pesawat murah
Tips mencari tiket pesawat murah ke Malaysia. (Foto: Andri Wiranuari/Liputan 6)

NEWSWANTARA – Hari gajian sudah di depan mata, enaknya liburan untuk refreshing dan mengusir jenuh. Buat short getaway trip seperti ini, paling cocok ke tempat yang bisa dijangkau dengan mudah, baik dalam segi jarak maupun harga. Jadi, mengapa tidak ke Malaysia saja? Malaysia adalah salah satu destinasi wisata favorit. Selain dekat, untuk mengunjungi negeri jiran ini tidak dibutuhkan visa kalau hanya sebentar. Tapi, karena banyaknya permintaan  tiket pesawat ke malaysia, harga tiket sering melonjak.

Sebenarnya, harga tiket ke Malaysia tidak selalu mahal. Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga miring lewat Traveloka dengan mengikuti 6 tips di bawah ini. Selamat menyimak!

Tips Mencari Tiket Murah ke Malaysia

Destinasi wisata Malaysia
Destinasi wisata Malaysia. (Foto: intheblack.com)

Jadwalkan Liburan Bulan Maret

Jadwal keberangkatan sangat berpengaruh kepada harga tiket pesawat. Ada baiknya menghindari high season atau masa-masa ketika banyak turis berkunjung ke Malaysia. Hari lain yang sebaiknya dihindari adalah pada hari-hari besar seperti libur Lebaran atau Natal dan pada saat long weekend.

Karena banyak orang bepergian, tingkat permintaan tinggi sehingga harga tiket pun terdorong naik. Selain itu, saat high season harga penginapan dan karcis masuk tempat berlibur pun biasanya meningkat. Ditambah lagi tempat wisata akan dipenuhi banyak wisatawan.

Menurut banyak traveler berpengalaman, harga tiket pesawat ke Malaysia yang paling murah ada di bulan Maret. Bulan ini adalah low season untuk liburan di Malaysia. Selain harga tiket yang lebih murah, tempat-tempat wisata idaman Anda di Malaysia pun tidak akan ramai. Jadi, Anda bisa berlibur dengan lebih tenang.

Hindari Memesan Tiket Pada Jam Sibuk

Tahukah Anda bahwa harga tiket bisa berubah sampai 3 kali dalam sehari? Perbedaan harga ini disebabkan oleh jumlah permintaan tiket yang berbeda-beda. Biasanya transaksi pembelian tiket paling banyak terjadi pada pukul 8 sampai 10 pagi dan pukul 5 sore sampai 7 malam. Maka, harga tiket pada jam-jam ini akan naik.

Untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah, carilah tiket pada jam-jam yang tidak sibuk. Yakni pada pagi hari antara pukul 5 sampai 7, atau malam hari di atas pukul setengah 8.

Cari Tiket Hari Senin Malam

Kebanyakan maskapai penerbangan memberikan promo di hari Senin. Selain itu, sistem maskapai biasanya melakukan pembatalan booking tiket yang belum dibayar pada pukul 11 malam. Jadi, kesempatan mendapatkan tiket yang murah bisa lebih besar kalau Anda mencari tiket pada hari Senin malam.

Manfaatkan Fitur Price Alerts

Fitur Price Alert
Fitur Price Alert

Untuk mendapatkan promo, kita harus terus memantau harga tiket. Tapi, tidak mudah untuk terus-menerus memantau harga. Namun tidak perlu khawatir, karena dengan teknologi sekarang hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah lho.

Apakah Anda pernah menggunakan aplikasi Traveloka? Selain mudah digunakan, aplikasi Traveloka juga memiliki fitur Price Alerts. Fitur ini dapat memantau harga dan mencari tiket yang sesuai dengan budget yang sudah Anda tetapkan. Kalau harga tiket sudah turun dan sesuai dengan budget, Anda akan mendapatkan notifikasi. Fitur ini sangat praktis untuk kaum traveler hemat, jadi manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

Beli Tiket Sejak Jauh Hari

Untuk traveler yang sudah berpengalaman soal penerbangan internasional, membeli tiket pada bulan yang sama adalah hal yang tabu. Jika membeli tiket pada bulan yang sama, bisa dipastikan bahwa harganya pasti sangat mahal. Karena harga tiket biasanya naik drastis 30 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Dengan demikian, usahakan untuk memesan tiket sejak jauh hari, kecuali jika benar-benar terpaksa atau ada promo mendadak. Waktu yang baik untuk booking tiket setidaknya 6 sampai 8 minggu sebelum keberangkatan.

Hindari Pesan Tiket Hari Selasa

Biasanya, tiket penerbangan internasional paling mahal jika kita membelinya pada hari Jumat. Tapi, ternyata harga tiket pesawat dari Indonesia ke Singapura dan Malaysia lebih mahal pada hari Selasa, lho. Jadi, hindarilah mem-booking tiket pada hari tersebut.

Demikianlah kiat-kiat yang bisa diterapkan untuk mendapatkan tiket murah ke Malaysia. Selamat berburu tiket pesawat ke Malaysia untuk liburan Anda yang akan datang!