Tugu Khatulistiwa, salah satu ikon khas dari Kalimantan Barat. [Pesona Indonesia]

NEWSWANTARA – Kalimantan Barat merupakan wilayah yang memiliki ratusan sungai besar dan kecil, sehingga membuat nama salah satu Provinsi di barat Pulau Kalimantan ini dijuluki sebagai “Provinsi Seribu Sungai”. Alasannya, provinsi ini mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, misalnya sungai terpanjang di Indonesia, Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km yang telah membagi kota menjadi dua dan menyediakan jalur transportasi penting dan bersejarah.

Baca Juga: Bayangan Hilang Siang Bolong di Kota Pontianak

Kalimantan Barat merupakan tempat yang tepat untuk berwisata alam yang berupa pemandangan alam pegunungan, pantai laut, danau musiman, hutan tropis dengan aneka ragam flora dan fauna, hingga air terjun yang indah dan juga agrowisata.

Wisata budaya yang ada turut menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung, karena Kalimantan Barat memiliki latar belakang sejarah dan aneka ragam seni dan budaya yang unik dan menarik untuk disaksikan.

Kalimantan Barat merupakan wilayah yang dilewati langsung oleh garis khatulistiwa. Tentu saja bisa dipastikan wilayah Kalimantan Barat memiliki cuaca tropis basah dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Untuk itu sebelum berlibur di Kalimantan Barat ada baiknya anda memperhatikan tips berikut:

1. Rencanakan Perjalanan Anda

Jangan lupa untu membuat rencana liburan anda. [Via urbackpacker.com]
Jangan lupa untuk membuat rencana liburan anda. [Via urbackpacker.com]

Membuat rencana perjalanan memang sangatlah diperlukan setiap kali kita akan melakukan perjalanan agar perjalanan kita nantinya akan menjadi efektif termasuk dalam hal penggunaan dana.

Ketika akan berlibur di Kalimantan Barat tentukan berapa hari waktu yang akan kita habiskan disana, idealnya adalah 3 hari 2 malam. dengan waktu yang ada tersebut kita bisa mengunjungi wisata sekitar Pontianak dan Singkawang.

Jarak antara Pontianak dan Singkawang kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan dengan menaiki kendaraan bermotor, atau melalui jalur alternatif lain dengan menyusuri Sungai Kapuas hingga muara menggunakan kapal angkutan umum untuk menikmati suasana ala Sungai Amazon versi Indonesia.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Sebelum berlibur pesan tiket jauh-jauh hari. [Okezone/Grivy]
Sebelum berlibur pesan tiket jauh-jauh hari. [Okezone/Grivy]

Sambil merencanakan perjalanan anda, pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari. Beberapa maskapai nasional menyediakan penerbangan dari Jakarta (atau kota-kota besar lainnya) menuju Pontianak atau Singkawang.

Pesan tiket jauh-jauh hari akan membantu untuk menghindari dari harga tiket yang selangit. Semakin dekat waktu keberangkatan, harganya tiket bisa dipastikan akan semakin melambung tinggi.

3. Kuliner Kalimantan Barat

Pengkang, salah satu makanan khas dari Pontianak yang wajib anda cicipi. [via wisatapontianak.com]
Pengkang, salah satu kuliner khas dari Pontianak yang wajib anda cicipi. [via wisatapontianak.com]

Gabungan kultur antara Tionghoa Dayak, dan Melayu (Tidayu) di Kalimantan Barat memberi warna yang berbeda terhadap aneka kulinernya. Kalimantan Barat terkenal dengan olahan lidah buayanya. Selain itu kuliner olahan hasil laut dan sungai menjadi jamuan kuliner utama.

Kuliner di Kota Pontianak bisa dibilang sudah cukup beradaptasi dengan umat muslim. Beberapa jajanan khas Tionghoa dijamin halal dengan modifikasi dalam pembuatannya yang menggunakan bahan dasar olahan yang halal.

Bagi anda yang tidak suka dengan aroma durian yang sangat pekat, disini anda juga dapat menikmati Pekawai atau durian hutan yang berwarna kuning pekat dengan yang aromanya tidak sekuat durian biasa.

4. Cuaca Tropis Dengan Kelembapan Tinggi

[Via buruhmigran.or.id]
Suhu di Kalimantan Barat pada umumnya adalah tropis basah dengan kelembapan sangat tinggi [Via buruhmigran.or.id]

Cuaca di Kalimantan barat pada umumnya tropis basah dengan kelembapan sangat tinggi, Terutama untuk Kota Pontianak. Anda harus bersiap menghadapi terik matahari ‘di atas kepala’, karena anda sedang berada persis di garis khatulistiwa, bawalah sunblock setiap saat agar terhindar dari kulit memerah.

Selain itu, bawalah obat-obatan seperti obat anti mabuk serta lotion anti nyamuk. Ini karena mayoritas wilayah Kalimantan Barat masih penuh hutan atau tertutup pepohonan. Lotion anti nyamuk juga berguna saat Anda berwisata sungai, misal di Pontianak.

5. Jangan Lupa Untuk Membeli Oleh-oleh Khas

[Via Wisata Pontianak]
Lempok durian, salah satu buah tangan yang wajib dicari saat berlibur di Kalimantan Barat. [Via wisatapontianak.com]

Jika sudah puas keliling Kalimantan Barat, berarti waktunya untuk mencari oleh–oleh khas dari daerah tersebut. Salah satu oleh-oleh khas dari Kalimantan Barat yang bisa di beli adalah Lempok Durian. Oleh – oleh khas Kota Pontianak yang satu ini adalah sejenis dodol, tetapi salah satu bahannya adalah 100% daging buah durian yang ditambahkan gula sebagai pemanis.

Berikan Komentar Anda

1 Komentar Pada "Tips Agar Berlibur di Kalimantan Barat Menjadi Semakin Menyenangkan"

avatar
Bukhary Zul Habibie
Guest

Walaupun Kalimantan Barat bukan destinasi populer bagi pelancong, namun tetap menarik untuk dikunjungi. Terimakasih tulisannya bung.