Berwisata dengan kereta api
Berwisata dengan kereta api (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Apakah Anda ingin berlibur? Ingin meluangkan waktu bersama rombongan keluarga ataupun teman? Mengapa tidak coba wisata dengan kereta? Di antara Anda tentu banyak yang tidak kepikiran memilih transportasi ini untuk wisata. Tentu pilihan bus ataupun kendaraan pribadi terlihat lebih menarik untuk wisata rombongan, tapi hal ini karena Anda belum merasakan suasana perjalanannya.

Pergi wisata dengan kereta memiliki daya tarik tersendiri terutama jika Anda berangkat bersama dengan rombongan kecil. Pilihan menggunakan kendaraan pribadi untuk wisata tentu menarik karena ukuran rombongan ini, tapi jangkauan transportasinya jadi tidak akan bisa jauh. Tapi jika dengan kereta, Anda bisa pesan dan menikmati perjalanan tanpa mengorbankan salah satu jadi supir. Untuk kebutuhan pesan tiket ini, Anda bahkan bisa dapatkan layanan online. Untuk contoh tempatnya, pesan tiket kereta api online disini, dengan Traveloka.

Jika masih tidak percaya bahwa naik kereta untuk liburan rombongan itu menyenangkan, mari bahas beberapa alasan dan daya tarik dari wisata dengan kereta berikut ini!

Cepat dan Bebas Hambatan

Berbeda dengan menggunakan bus ataupun kendaraan mobil pribadi, kereta memiliki jalur sendiri. Jadi Anda akan terbebas dari masalah kepadatan jalan raya ataupun macet. Terkadang masalah seperti jalan ramai bisa menurunkan kenikmatan wisata. Bayangkan harus melihat pemandangan yang itu – itu saja dan makin lama sampai tujuan. Hal ini malah akan membuat frustasi daripada rasa senang wisata.

Harga Tidak Terlalu Mahal

Untuk kelancaran di jalan, Anda tentu harus naik tol ataupun pesawat jika ingin lebih cepat sampai. Tapi hal seperti ini tentu mahal jika dibandingkan dengan kereta. Untuk kebutuhan kendaraan dan tol, bayangkan harus setir sendiri dan masih harus bayar untuk perjalanan tol jauh. Daripada pilihan ini, tentu beli tiket kereta dan santai sampai tempat tujuan akan lebih menarik untuk dipilih.

Waktu Lama Di Jalan Bisa Untuk Pengalaman Menyenangkan

Jika Anda hanya pergi dengan rombongan kecil 4 sampai 6 orang, Anda bisa pilih kereta dengan kursi berhadapan. Kursi pada gerbong kereta seperti ini tentu akan membuat perjalanan Anda lebih seru karena bisa lebih berinteraksi. Banyak orang memanfaatkan hal ini untuk mengobrol dan bahkan bermain. Bayangkan meluangkan waktu bermain kartu sambil berhadapan, hal ini tentu lebih menarik daripada dudukan di bus yang paralel dan mengurangi interaksi.

Fasilitas Nyaman dan Cukup Lengkap

Jika memilih fasilitas bisnis, Anda akan temukan beberapa fasilitas yang akan mendukung pengalaman perjalanan wisata Anda. Hal ini adalah colokan listrik. Pada perjalanan jauh, Anda tentu perlu charge smartphone ataupun gadget lainnya untuk foto – foto ataupun vlogging. Nah, karena ada layanan ini, Anda bisa menghibur diri dengan lebih bebas. Anda tidak perlu membatasi foto – foto ataupun kegiatan lain hanya karena takut battery habis.

Kenyamanan pada kereta juga sangat baik untuk perjalanan wisata jauh. Jika butuh ekstra kenyamanan, kelas eksekutif bahkan memiliki kursi yang bisa jadi tempat tidur. Hal seperti ini tentu bisa dinikmati Anda dan rombongan untuk istirahat sebelum menyambut tempat wisata.

Bisa Menikmati Pemandangan yang Tidak Biasa

Biasanya, jalur rel memiliki sudut pandang berbeda daripada perjalanan di jalan raya. Hal ini tentu lebih unik daripada sekedar pemukiman dan pemandangan gedung – gedung saja. Biasanya rel kereta api melaju melewati desa yang lebih pelosok. Jadi Anda akan disambut dengan tampilan sawah, kebun, desa, hutan dan kadang jembatan yang melewati sungai besar.

Pemandangan seperti ini tentu bisa jadi hal yang menarik untuk dinikmati selama perjalanan. Bayangkan jika naik kendaraan pribadi. Anda tentu bisa memilih rute yang lebih tidak biasa, tapi pasti hanya akan tersesat dan tidak bisa menikmati full karena ada yang bertugas untuk mengendarai kendaraan tersebut.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan di atas? Apakah sekarang Anda tertarik merencanakan perjalanan Anda dengan menggunakan kereta api? Jika ingin lebih mudah memesan dan memilih kereta yang cocok untuk wisata Anda, silahkan cek di Traveloka. Layanan beli tiket online ini, tidak hanya menyediakan akses beli tiket kereta yang praktis tapi juga layanan pesan hotel yang tentu akan mempermudah keperluan wisata Anda. Ayo berangkat liburan sekarang bersama Traveloka!