Kereta Api Matarmaja
Kereta Api Matarmaja

NEWSWANTARA – Pernahkah kamu menggunakan kereta Matarmaja untuk melakukan perjalanan dari Malang menuju Jakarta atau malah sebaiknya? Jika pernah, dimanakah kamu membeli tiket kereta api tersebut? Apakah kamu membeli tiket di loket tiket kereta resmi secara offline, atau membeli tiket via online melalui traveloka? Sebab, kini ternyata tiket Matarmaja bisa di pesan di aplikasi Traveloka. Sehingga kamu bisa lebih hemat waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan.

Namun, bagaimana sih cara untuk memesan tiket kereta api Matarmaja via aplikasi traveloka? Apakah caranya mudah? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak dan aplikasikan beberapa langkah mudah untuk memesan tiket kereta api via online, khususnya untuk kamu yang menggunakan aplikasi traveloka, berikut ini.

Buka Website atau Download Aplikasi Traveloka

Untuk memesan tiket di traveloka, sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu membuka website traveloka dan melakukan pemesanan tiket via website tersebut. Namun bagi kamu yang ingin membeli atau memesan tiket via aplikasi traveloka, maka kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasi traveloka di play store ataupun app store. Hanya perlu menyesuaikan, apakah smartphone milikmu menggunakan OS Android atau iPhone.

Buka Aplikasi Traveloka

Setelah aplikasi traveloka terdownload 100%, selanjutnya buka aplikasi. Kemudian kamu akan melihat berbagai macam jenis tiket transportasi umum maupun sub menu pilihan lainnya. Di sini, pilihlah menu tiket kereta api.

Tunggulah beberapa saat hingga muncul form pencarian. Pada from ini, kamu harus mengisi asal dari stasiun Malang Kotabaru dan tujuan stasiun Jakarta Pasar Senen, bila kamu akan berangkat dari Malang. Namun, bila kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa membalik isi form di atas.

Selanjutnya isi waktu keberangkatan sesuai dengan tanggal kamu akan melakukan perjalanan. Selain itu, kamu juga harus mengisi, berapa jumlah tiket yang diperlukan? Jangan lupa untuk membeli tiket sesuai dengan rentang kategori usia yang diberikan (untuk usia dewasa berusia 18 tahun ke atas, usia anak-anak 6 – 12 tahun dan usia balita 0 – 5 tahun). Setelah mengisi form tersebut dengan lengkap, maka klik cari.

Pilih Opsi Kereta Matarmaja

Setelah kamu mengisi form yang pertama, tunggu beberapa saat maka di dalam data pencarian akan terlihat berbagai macam pilihan kereta yang menawarkan perjalanan dengan rute Malang – Jakarta ataupun sebaliknya. Salah satu dari deretan opsi tersebut, pasti ada opsi kereta Matarmaja.

Dikarenakan kamu ingin memesan dan membeli tiket Matarmaja maka klik dan pilih kereta Matarmaja sesuai dengan kelas yang ingin dipilih. Selanjutnya akan muncul berbagai jenis data yang harus kamu isi. Seperti halnya data pemesan, data penumpang dewasa dan pilihan kursi yang kamu inginkan.

Untuk data pemesan, kamu hanya perlu mencantumkan nama sesuai KTP, email dan nomor HP. Sedangkan di form data penumpang kamu harus mencantumkan cukup banyak data. Seperti halnya nama, titel, tanda pengenal dan nomor tanda pengenal. Nomor tanda pengenal yang dimaksud adalah nomor KTP, SIM, Paspor ataupun surat dan kartu lain yang bisa digunakan sebagai tanda pengenal, untuk kamu yang berusia di atas 18 tahun. Sedangkan untuk kamu yang berusia di bawah 18 tahun, kamu bisa menggunakan kartu tanda pelajar ataupun akta kelahiran sebagai tanda pengenal.

Setelah data penumpang dan pemesan di isi dengan lengkap dan sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih kursi atau lebih tepatnya memilih posisi tempat duduk selama di kereta, sesuai denah yang diberikan. Dalam denah tersebut, kamu akan mengetahui mana saja tempat duduk yang masih kosong dan mana yang sudah dipilih. Oleh karenanya agar bisa mendapatkan tempat duduk sesuai dengan pilihan, lakukanlah pemesanan dari jauh-jauh hari. Sehingga kamu mendapatkan tempat duduk di area yang kamu sukai.

Ikuti Langkah Sesuai Petunjuk yang Diberikan

Setelah melalui langkah-langkah di atas, maka agar kamu dapat menyelesaikan semua pemesanan dan pembelian hanya dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan pilihan maupun petunjuk yang diberikan oleh aplikasi traveloka.

Itulah langkah-langkah mudah dalam memesan tiket Matarmaja via traveloka. Bagaimana menurut kamu? Apakah kabar tentang ternyata tiket Matarmaja bisa dipesan di aplikasi traveloka menjadi sebuah kabar yang menyenangkan bagi kamu? Sebab kamu bisa dengan mudah memesan tiket kereta ini, tanpa harus datang langsung ke loket pembelian tiket kereta api.