Japan Railway Pass
Japan Railway Pass

NEWSWANTARA – Negeri Sakura memang memiliki daya tarik sendiri di mata wisatawan mancanegara. Keakenaragaman wisata alamnya, cerita sejarah dan peradaban Jepang, kebudayaan hingga kecanggihan teknologinya dapat membuat wisatawan penasaran. Seperti yang dunia ketahui, Jepang adalah negara yang terkenal dengan teknologinya yang mutahir sekaligus di bagian daerah lain, masih terasa sekali unsur tradisionalnya.

Perkembangan teknologi seperti robotik, sistem automasi pada dunia industri dan rumah tangga hingga transportasi umumnya yang canggih menjadikan Jepang sebagai negara paling maju di Asia. Jepang juga memberikan kemudahan bagi wisatawan internasional, salah satunya Japan Railway Pass. Bisa digunakan di mana saja bergantung tujuan destinasi Anda. Misalnya ingin pergi ke Jepang daerah barat, maka Anda bisa mencoba JR West Pass dan sebagainya. Lalu, kemudahan apa sajakah yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Apakah Japan Railway Pass Itu? 

Japan Railway Pass, atau yang sering disebut JR Pass merupakan kunci tiket bagi wisatawan asing yang ingin berlibur hemat di Jepang. Dengan Anda memiliki JR Pass, Anda dapat menjelajahi Jepang dalam kurun waktu tertentu. JR Pass merupakan fasilitas yang diinisiasi oleh Japan Railways Group.

(Baca Juga: Mengapa Wisata Lebih Baik Naik Kereta?

Anda bisa menghemat biaya transportasi jika menggunakan JR Pass, mulai dari kereta, bus, kapal, sepeda hingga mobil. Tentunya dengan syarat Anda menggunakan kendaraan yang merupakan partner dari JR Group. Japan Railway Pass dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu Ordinary Car dan Green Car. Ordinary Car berarti kelas standar dan Green Car merupakan kelas bisnis atau premium. 

Batas Waktu Pemakaian Japan Railway Pass 

Anda diharuskan memiliki JR Pass minimal 3 hari sebelum keberangkatan. Masa redeem atau penukaran Japan Railway Pass adalah 3 bulan setelah Anda membelinya. Pastikan Anda telah menentukan tanggal pada hari pertama saat penukaran JR Pass. JR pass memiliki beberapa pilihan paket yang masing-masingnya memiliki batas pemakaian dalam waktu tertentu. Ada 3 macam periode yang tersedia yaitu 7 day, 14 day dan 21 day.

Tersedia harga Green Car dan Ordinary Car dan harga yang berbeda untuk anak-anak (antara 6 hingga 12 tahun) serta harga untuk orang dewasa (usia di atas 12 tahun). Anda hanya bisa menggunakan kartu pass tersebut selama periode yang Anda beli. Misalkan Anda membeli periode 7-day untuk orang dewasa, maka Anda bisa naik berbagai macam moda transportasi milik JR Group dengan harga yang lebih hemat.

Cakupan Wilayah Japan Railway Pass

Japan Railway Pass terdiri dari 2 macam yaitu Nation Wide Pass dan Regional Pass. Nation Wide Pass bisa digunakan di seluruh bagian negara Jepang, memiliki 3 periode waktu (7 hari, 14 hari dan 21 hari). Sementara Regional Pass hanya mencakup bagian daerah tertentu saja. Tiap-tiap bagian daerah memiliki rentang waktu kunjungan yang berbeda dengan harga yang bervariasi pula.

(Baca Juga: Berpergian Dengan Kereta Api, Pahami Dulu Kelas dan Sub Kelas Pada Kereta Api Penumpang)

Regional Pass dibagi menjadi 4 bagian daerah. Ke-empat bagian daerah itu juga dibagi lagi menjadi sub-kota tertentu yang bisa wisatawan kunjungi. 4 daerah itu adalah bagian barat, timur, daerah Hokkaido dan Kyushu. Japan Railway Pass atau JR West Pass adalah sebutan tiket untuk mengunjungi negara Jepang bagian barat. Begitupun dengan daerah lainnya.

Maka dari itu, Anda harus memiliki rencana yang matang tentang destinasi dan daerah tujuan sebelum benar-benar pergi ke Jepang. Jangan sampai Anda menyesal karena salah tujuan wisata serta tak cukup waktu dan tenaga untuk mengeksplor Jepang.

Kategori Orang Yang Bisa Apply Japan Railway Pass

Japan Railway Pass memang dibuat untuk wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Jepang  Terdapat beberapa kategori yang termasuk wisatawan asing yang dapat menggunakan kartu JR Pass ini. Wisatawan asing yang memang bukan berkebangsaan Jepang dengan status masuk sebagai pengunjung dengan waktu kunjungan 15 hari hingga 90 hari dapat apply JR Pass.

Bagi orang Jepang yang telah menetap di negara di luar Jepang dapat menggunakan JR Pass. Kategori lainnya adalah orang Jepang yang menikah dengan orang Non-Jepang yang telah tinggal permanen di negara luar Jepang. Namun, hal initidak berlaku bagi warga Jepang yang memiliki 2 kewarganegaraan. Mereka dapat membeli JR Pass pada wilayah tempat membei JR Pass yang sama.