Bahaya dan Ancaman Nyata Kecerdasan Buatan Bagi Eksistensi Manusia

Artificial Intelligence
(Foto: Getty Images)

AI dengan kemampuan SELF LEARNING nya bisa berpotensi terciptanya SKYNET di dunia nyata seperti dalam film terminator. Bahaya dan ancaman nyata kecerdasan buatan membuat sejumlah ilmuan seperti Stephen Hawking dan Elon Musk percaya bahwa jika AI terus dikembangkan dengan tujuan agar memiliki kecerdasan yang setara bahkan lebih dari yang dimiliki manusia maka hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi.

Stephen Hawking dan Elon Musk takut jika terjadi kesalahan pada sistem AI hal ini bisa berbahaya dan bersifat destruktif atau merusak. Mereka berpendapat bahwa pengembangan sistem kecerdasan buatan harus diberi batasan-batasan tertentu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan Elon Musk pernah berpendapat ketika dimintai pendapat nya tentang AI Dia mengatakan bahwa AI adalah sebuah potensi ancaman dari eksistensi manusia itu sendiri, hal ini seperti melakukan summon atau memanggil iblis.

Karena potensi bahaya dan ancaman nyata kecerdasan buatan inilah lebih dari 1000 ilmuan dan experts sudah menandatangani surat terbuka yang mendesak larangan global terhadap kecerdasan buatan dalam sistem persenjataan. Mereka yang menandatangani surat terbuka itu termasuk didalamnya pendiri Apple yaitu Steve Wozniak fisikawan terkenal Stephen Hawking, CEO Tesla yaitu Elon Musk dan lucunya juga yaitu Kepala eksekutif Google deepmind, Hamish Hassabis.

Dua penelitian AI kira-kira dibagi menjadi 2 kubu yaitu kubu optimis dan kubu pesimis. Mereka yang optimis memiliki harapan bahwa kita pada suatu hari nanti akan menemukan sebuah superintelligence yang memecahkan setiap masalah yang kita bisa bayangkan dan membawa kita ke masa depan yang utopis atau bersifat khayalan yang di mana semua kebutuhan manusia terpenuhi dan semua orang hidup bahagia selamanya.

Sedangkan mereka yang Pesimis prihatin bahwa satu kesalahan kecil di sepanjang jalan pengembangan artificial intelegence akan mengarah kepada akhir zaman dari ras manusia sebagai contohnya SKYNET/GENYSIS dalam film terminator.

← Halaman Sebelumnya