Artificial Intelligence Berkembang Lebih Cepat Dari Yang Dibayangkan

Kecerdasan Buatan
(Foto: Istimewa)

Pesatnya perkembangan semua hal yang berkaitan dengan dunia teknologi memang luar biasa termasuk didalamnya kecerdasan buatan. Dan tidak bisa di pungkiri, dunia teknologi mulai memperlihatkan taringnya pada tahun 2000 sampai dengan 2014 jangka waktu 14 tahun adalah waktu yang sangat cepat kalau kita melihat gadget atau teknologi yang dulu pernah populer dan booming di awal 2000 an dan sekarang mulai punah dan tergerus oleh jaman dengan gadget-gadget yang jauh lebih canggih.

Semua perusahaan teknologi sedang gencar gencarnya melakukan research dan pengembangan terhadap AI contohnya seperti raksasa teknologi Google, Apple, Microsoft dan Facebook yang berlomba-lomba menetaskan kecerdasan buatan yang jauh lebih pintar dari sebelumnya karena hal ini lah akselerasi perkembangan dunia AI jadi sangat cepat dari yang kita bayangkan.

Bagi generasi 90 an coba kalian ingat era 2000 an awal, di era itu pernahkah kalian bayangkan 10 tahun kedepan nanti akan ada alat atau teknologi yang ada di genggaman tangan kita bisa kita perintah hanya dengan perintah suara atau mungkin setidaknya teknologi itu bisa kita ajak ngobrol.

Dan sekarang 10 tahun kemudian sejak era itu teknologi itu sudah ada di genggaman kita apalagi kalau bukan smartphone yang kalau kita jauh darinya pasti bikin galau kalau kata anak-anak sekarang, mending jauh dari pacar daripada jauh dari hape…Ya kan?

Nah di setiap smartphone jaman sekarang keberadaan AI didalamnya tidak bisa di pisahkan, coba bayangkan 5 atau 10 tahun kedepan ledakan teknologi AI seperti apa lagi yang bakal ada?. Kurang dari 1 dekade kedepan, semua piranti atau gadget bahkan perlengkapan rumah akan di sematkan kecerdasan buatan didalamnya.

Manusia Akan Tersaingi Oleh Robot

Kecerdasan Buatan
(Foto: Shutterstock)

Makin pintar sebuah robot, makin banyak membantu manusia dalam pemecahan suatu masalah terutama dalam sebuah industri. Menurut professor Moshe Vardi dari Rice University, robot akan mengambil alih pekerjaan manusia dalam waktu 30 tahun kedepan. Pengangguran akan meningkat sampai dengan 50% Meskipun terdengar mengerikan tidak semua pekerjaan akan bisa diselesaikan oleh Robot.

Ya mungkin untuk sekarang sekarang ini robot biasanya akan mengerjakan jenis pekerjaan yang berat dan membutuhkan ketelitian dalam siklus yang terus berulang di kebanyakan pabrik di negara maju seperti Jepang, Negara-negara lain di Eropa & Amerika sudah mulai mempercayakan proses produksi pada robot.

Robot yang sudah di program sedemikian rupa akan mampu mengerjakan suatu pekerjaan yang sama secara terus menerus tanpa minta kenaikan UMR atau gaji dan tentu nya robot tidak bisa capek atau sakit seperti manusia. Buat kalian usia produktif atau kalian yang nanti mulai masuk usia produktif siap-siap saja jika nantinya melamar kerja akan bersaing dengan robot.

← Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya →