Tren Liburan Mobilemoon
Mobilemoon jadi tren liburan seorang diri dengan ditemani oleh ponsel pintar. (Foto: Dok. Pixabay / Ni Putu Dinanty)

NEWSWANTARA – Tren liburan selalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Berbagai faktor pun mempengaruhi, salah satunya adalah generasi yang selalu dibicarkan saat ini, generasi milenial. Generasi ini seperti tidak ada henti-hentinya menjadi topik pembicaraan.

Generasi milenial ternyata mampu memberikan pengaruhnya cukup besar terhadap sebuah tren perkembangan pariwisata. Jika kemarin babymoon dan buddymoon sempat meraih popularitas yang cukup tinggi, kali ini tren liburan tampaknya mulai bergeser ke mobilemoon.

(Baca Juga: Tips Jitu Agar Liburan Anda Tidak Terasa Membosankan)

Mobilemoon sendiri merupakan sebuah istilah untuk kegiatan berlibur yang dilakukan seorang diri (solo trip) yang hanya ditemani oleh ponsel pintar. Tren mobilemoon mulai mencuat setelah dipopulerkan oleh perusahaan perjalanan Expedia.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan Expedia dengan melibatkan para traveler Amerika. Survei tersebut menunjukkan 33 persen dari para pelancong tersebut lebih memilih membawa ponsel pintar mereka saat liburan dibandingkan membawa rekan berlibur. Expedia menyebut fenomena ini sebagai mobilemoon.

(Baca Juga: 5 Aplikasi Traveling di Smartphone dengan Fitur Offline)

Dibandingkan memiliki pendamping atau rekan berlibur, hampir dua per tiga dari traveler mengungkapkan bahwa mereka lebih menyukai kebebasan yang bisa didapatkan jika berlibur seorang diri. Selain kebebasan, berlibur seorang diri juga memungkinkan mereka untuk bertemu dengan orang-orang baru selama berlibur.

Popularitas mobilemoon tampaknya lebih berkembang di kalangan generasi muda (generasi milenial). Sekitar 80 persen traveler milenial dan 83 persen generasi Z setuju dengan hasil survei yang dilakukan Expedia tersebut.

(Baca Juga: Pentingnya Vaksinasi Sebelum Melakukan Traveling ke Suatu Negara)

Perkembangan tren berlibur sendiri hanya dengan ditemani oleh ponsel pintar ini tampaknya sangat berkaitan dengan motivasi berlibur para traveler muda. Banyak dari traveler muda yang berlibur bukan dengan tujuan untuk terhubung dengan pasangan maupun berbagi pengalaman dengan teman.

Mereka berlibur sendiri untuk bertemu orang baru dan mengeksplorasi tempat-tempat baru, memutus hubungan dari pekerjaan dan kehidupan, dan meningkatkan kemandirian serta kepercayaan diri mereka.

Banyak dari traveler yang memanfaatkan berlibur sendirian sebagai momen untuk mengatur ulang kehidupan menjadi lebih baik. Tak sedikit pula yang memanfaatkan momen berlibur sendirian untuk lebih mengenal diri sendiri.

Alasannya, berlibur sendirian akan mendorong mereka untuk keluar dari zona nyaman mereka. Traveler akan didorong untuk bertanya kepada orang asing mengenai arah, memulai percakapan di restoran, hingga merancang perjalanan dan beragam keperluan liburan seorang diri.

Semua pengalaman ini akan semakin terasa mudah dengan bantuan dari ponsel pintar. Keberadaan ponsel pintar akan membuat berlibur seorang diri di daerah ataupun negara asing menjadi tidak begitu menakutkan. Traveler juga tetap bisa dengan mudah terhubung dengan keluarga hingga pasangan selama melakukan mobilemoon.

Jadi, apakah Anda termasuk yang sedang mengikuti tren mobilemoon ini?