Generasi milenial
Generasi milenial dalam kesehariannya tidak bisa lepas dari teknologi serta aktif di media sosial.

NEWSWANTARA – Perkembangan zaman akan semakin dipengaruhi oleh para milenial. Generasi milenial ini mampu mempengaruhi berbagai macam bidang mulai dari perkembangan gaya hidup, perkembangan teknologi dan bahkan sampai merambah ke pertumbuhan ekonomi.

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum mengetahui siapa sebenarnya generasi milenial ini, apa karakteristiknya? apa kebiasaannya? apa kesukaannya? dan tentu saja apa yang mereka cari yang dalam hidup ini?

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga 1997. Berdasarkan data dari Trans media sosial, karakteristik generasi milenial yang paling mencolok adalah mereka sangat menguasai gawai, teknologi serta aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram.

Data menyebutkan sekitar 80% generasi milenial mengakses sosial media setiap hari. Mereka biasanya mencari informasi mengenai liburan, hiburan, kuliner, olahraga, politik dan belanja. Karakter generasi milenial sangat erat kaitanya dengan situasi sosial dan ekonomi ketika mereka dilahirkan, yakni pada zaman ketika segala sesuatu tersedia dan mudah didapat.

Baca Juga:

Mereka sangat cerdas, kreatif, inovatif namun juga boros, manja, cenderung banyak mengeluh dan egois. Di dunia kerja para milenial ini tidak suka dipaksa, mereka cenderung mencari suasa kerja yang tidak membosankan. Konsep kantor yang ideal bagi para milenial adalah terbuka santai dan memiliki jaringan internet cepat.

Para milenial ini merupakan generasi yang tergolong unik dalam sebuah pekerjaan, mereka memiliki sebuah kemampuan adaptasi yang sebenarnya cukup baik, akan tetapi mereka tidak pintar untuk mengimplementasikan hal tersebut. Mereka mau bekerjasama dengan baik dengan generasi baby boomers atau generasi X sebagai atasan mereka asalkan mereka mendapatkan mutual respect.

Jadi, dalam hal pekerjaan mereka ingin tetap dihargai walaupun senior mereka cenderung menganggap mereka sebagai anak kecil dan tidak tahu apa-apa. Bagi generasi milenial, segala sesuatu informasi dapat mereka akses secara instan melalui internet.

Untuk mengetahui satu hal yang satu orang pun di dunia ini mungkin belum tahu mereka hanya tinggal klik melalui internet, misalnya membuat keyword di mesin pencari Google dan dengan segera mereka bisa mengetahui dan menguasai apa yang telah diketahui oleh orang-orang yang telah berpengalaman.

Keberadaan generasi milenial memang sangat penting bagi perkembangan zaman. Potensi generasi ini dapat diasah agar dapat menjadi sebuah aset penting di masa depan.

Berikan Komentar Anda

avatar