sejarah bahasa Indonesia
Dalam sejarah bahasa Indonesia mulai dari awal dikukuhkan sebagai bahasa nasional hingga saat ini tak luput dari peran serta adanya kegiatan politik, persuratkabaran, perdagangan dan media sosial.

NEWSWANTARA – Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya hingga bahasa. Untuk mempersatukan seluruh rakyat yang ada di Indonesia, para pendiri bangsa sepakat bahwa bahasa pemersatunya adalah bahasa Indonesia. Walaupun sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi tak jarang orang yang tidak mengetahui sejarah bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kita.

Padahal sebagai rakyat Indonesia, sudah seharusnya mengetahui seluk-beluk dari bahasa kebanggaan bangsa kita ini. Bagi Anda yang belum mengetahui sejarah bahasa resmi Indonesia, berikut ini adalah sejarah dari bahasa Indonesia beserta perkembangannya secara singkat.

Lahirnya Bahasa Indonesia

Jika membahas tentang sejarah bahasa Indonesia, tentu tidak bisa lepas dari momen bersejarah yang terjadi pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 silam. Hari tersebut selalu diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Di dalam ikrar sumpah pemuda, pada poin ke tiga berbunyi ”menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia” yang mengandung arti bahwa para pemuda memiliki tekad untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa.

(Baca Juga: Mengenang Peristiwa Sumpah Pemuda)

Walaupun bahasa Indonesia telah lahir pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 namun baru pada tanggal 18 Agustus tahun 1945 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional karena pada saat itu UUD 1945 disahkan sebagai dasar negara Indonesia.

Halaman Selanjunya→

Berikan Komentar Anda

avatar