Indonesian Airways
Pesawat DC-3 bernomor registrasi RI-001 ini merupakan pesawat pertama Indonesian Airways, cikal bakal dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia. (Foto: Istimewa)

Indonesia Berhasil Membeli Pesawat Angkut RI-001 Seulawah

Perjuangan Indonesia untuk mengumpulkan dana akhirnya berbuah hasil, Indonesia berhasil membeli pesawat jenis Dakota yang dapat mengangkut barang dalam jumlah banyak serta prajurit militer yang nantinya ditugaskan pada daerah-daerah perang. Tak hanya itu, Dakota RI-001 juga digunakan untuk perjalanan luar negeri seperti pada tahun 1948 digunakan untuk ke India.

(Baca Juga: Dua Nama Presiden Indonesia Yang Tak Tercantum Dalam Buku Sejarah)

Untuk penamaannya sendiri pesawat pertama Indonesia ini dijuluki dengan nama 001 Suelawah. Dimana dalam bahasa Aceh, Seulawah memiliki arti gunung emas. Ya, penamaan ini diambil dari kenyataan betapa banyak sumbangan rakyat Aceh yang diibaratkan hingga membentuk gunung emas dan berguna untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Berkembang Menjadi Perusahaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Kondisi Indonesia yang belum juga kondusif karena tindakan sekutu yang mulai khawatir dengan hadirnya Dakota RI-001 menjadikan pesawat angkut ini tak bisa kembali ke Indonesia dalam beberapa waktu.

Selama tidak dioperasikan untuk pertahanan Indonesia, Dakota RI-001 berada di Birma dan difungsikan sebagai pesawat komersil. Indonesian Airways mengalami perkembangan yang begitu pesat hingga akhirnya dapat kembali ke Indonesia dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dibalik kembalinya Dakota sebagai pesawat angkut militer, petinggi TNI AL yang mendirikan Indonesian Airways tak mengabaikan usahanya begitu saja. Hingga akhirnya berhasil menjadi salah satu maskapai penerbangan terbaik dan terbesar di Indonesia. Ya, saat ini Anda bisa mengenal maskapai ini dengan nama Garuda Indonesia.

←Halaman Sebelumnya

Berikan Komentar Anda

avatar