sumpah pemuda
Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

NEWSWANTARA –¬†Berdirinya bangsa Indonesia yang sangat besar ini tak lepas dari peristiwa sumpah pemuda. Momen bersejarah ini merupakan tonggak utama untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Gelaran Kongres Pemuda II yang diikuti oleh beberapa organisasi seperti Jong Soematra, Jong Java, Sekar Rukun, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Islamieten Bond, Perhimpunan Pelajar-pelajar dan Pemuda Kaum Betawi.

Kongres Pemuda II menghasilkan peristiwa penting sumpah pemuda yang di dalamnya tercantum cita-cita rakyat akan terwujudnya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia serta bahasa Indonesia.

Kongres Pemuda

Kongres pemuda II diselenggarakan sebanyak tiga kali antara tanggal 27 sampai dengan 28 Oktober tahun 1928. Pertama acara rapat dilangsungkan di gedung Katholieke Jongelingen Bond yang sekarang dikenal dengan nama Lapangan Banteng, kedua di gedung Oost Java Bioscoop yang sekarang dikenal dengan nama Jl Medan Merdeka Utara dan ketiga di Indonesische Clubgebouw (Gedung Kramat).

(Baca Juga: Melanjutkan Semangat Sumpah Pemuda)

Sebelum kongres pemuda II, tentu telah terjadi dulu Kongres Pemuda I. Kongres Pemuda I terlaksana pada tahun 1926. Pada Kongres Pemuda I, hal yang dibahas adalah bahasa persatuan bangsa.

Saat itu Mohammad Yamin mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa kita, akan tetapi mendapat kritikan keras dari Tabrani Soerjowitjitro. Menurutnya, jika nusa itu adalah Indonesia dan bangsa juga Indonesia maka bahasanya juga harus bahasa Indonesia walaupun unsur-usurnya merupakan bahasa Melayu. Dalam Kongres Pemuda I menghasilkan keputusan bahwa bahasa persatuan akan diputuskan pada Kongres Pemuda II.

Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Pada tahun 1928, tepatnya tanggal 28 Oktober malam Indonesische Clubgebouw (Gedung Kramat) dipenuhi dengan ribuan pemuda Indonesia yang ingin mendengar acara penutupan Kongres Pemuda II. Ceramah penutupan yang juga diikuti dengan alunan lagu kebanggaan Indonesia Raya serta iringan biola dari WR. Supratman telah dinanti oleh para pengunjung.

(Baca Juga: Anak Muda Sebagai Tumpuan Estafet Pembangunan)

Pimpinan rapat kala itu adalah Soegondo Djojopoespito membagikan secarik kertas yang diberi oleh Muhammad Yamin kepada seluruh anggota rapat. Di dalam secarik kertas tersebut tercetus gagasan sumpah pemuda. Awalnya Mohammad Yamin menamai rumusan tersebut dengan istilah ikrar pemuda dan diubah menjadi sumpah pemuda oleh dia sendiri.

Isi Sumpah Pemuda

Secarik kertas yang di gagas Mohammad Yamin ternyata memiliki dampak begitu besar terhadap semangat perjuangan pemuda Indonesia. Berikut adalah isi dari sumpah pemuda tersebut:

  • Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sikap Pemerintah Kolonial Terhadap Kongres Pemuda

Setelah Kongres Pemuda II usai dengan keputusan yang telah disetujui, pemerintah kolonial yang saat itu masih berkuasa tidak begitu menanggapinya. Bahkan Van Der Plass selaku pejabat yang berkuasa menganggap remeh momen bersejarah tersebut. ia juga menertawakan hasil putusan Kongres Pemuda yang memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuannya karena sebagian dari pembicara di dalam rapat adalah mereka yang menggunakan bahasa Belanda ataupun bahasa daerah.

Sebut saja Soegondo yang saat itu menjadi pimpinan kongres, beliau masih kesulitan menggunakan bahasa Indonesia secara baik walau sudah berusaha. Lantas Siti Sundari yang juga pembicara dalam kongres tersebut masih menggunakan bahasa Belanda.

Sikap Van Der Plass yang meremehkan kongres tersebut rupanya merupakan kesalahan besar. Kongres Pemuda II yang menghasilkan sumpah pemuda ternyata mampu menjadi api pematik pencetus persatuan bangsa Indonesia dalam melawan pemerintah kolonial Belanda. Lain ceritanya dengan presiden pertama Indonesia, Bung Karno yang menganggap bahwa peristiwa sumpah pemuda tahun 1928 memiliki makna revolusioner.

Berikan Komentar Anda

avatar