Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri (tengah) berhasil menjuarai lari 100 meter Junior U-20 pada kompetisi International Association of Athelthic Federation (IAAF) 2018 [Pct : Istimewa]

NEWSWANTARA – Lalu Muhammad Zohri berhasil membawa sejarah baru bagi Indonesia pada dunia atletik. Prestasinya berhasil menjuarai lari 100 meter Junior U-20 mengungguli 7 pelari dari berbagai negara di Ratina Stadium, Tampere, Finlandia pada kompetisi International Association of Athelthic Federation (IAAF) 2018.

Putra kelahiran Karang Pasor, Lombok Utara utara ini berhasil mencatat waktu 10,18 detik disusul posisi kedua Anthony Schwarzt (10,22 detik) dan Eric Harisson (10,23 detik) yang sama-sama dari Amerika Serikat. Prestasi ini merupakan prestasi sensional yang menempatkan Zohri sebagai pelari tercepat di dunia.

Berlomba di bawah cuaca Tampere yang berangin tidak melemahkan Zohri untuk tekadnya membanggakan bangsa Indonesia di kancah Intersional. Zohri yang baru berusia 18 tahun meraih medali emas mengungguli para favorit juara seperti duo Amerika.

Atas raihan dan memastikan kemenangan Zohri, Presiden Joko Widodo mengucapkan kebanggaan atas prestasi Lalu Muhammad Zohri pada ajang IAAF World U-20 Championships kategori lari 100 meter putra. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi berharap prestasi yang sama bisa dipertahankan hingga Asian Games nanti.

Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia di nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 finish pada urutan kedelapan di babak penyisihan pada 1986. Lalu Muhammad Zohri pun mengaku sangat bangga dan setelah ini akan mempersiapkan diri jelang Asian Games yang akan mulai dihelat pada 18 Agustus mendatang.

Berikan Komentar Anda

avatar