Brand of The Year Indonesia 2018
Wonderful Indonesia & Pesona Indonesia dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018 [Dok. Kemenpar]

NEWSWANTARA – Akun twitter resmi Kementerian Pariwisata (@Kemenpar_RI) baru saja mencuitkan keberhasilan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia menjadi Brand Of The Year Indonesia tahun ini. Keduanya merupakan brand yang diusung oleh Kementerian Pariwisata. Penghargaan ini diberikan pada ajang Wow Brand Festive Day 2018 yang diselenggarakan oleh MarkPlus Inc di Jakarta pada Kamis malam 8 Maret 2018.

Kekuatan brand ini diukur dari keberhasilannya mendatangkan 14 juta wisatawan mancanegara di sepanjang 2017, padahal pada tahun itu ada sebuah bencana yang sangat berpengaruh pada kondisi pariwisata Indonesia yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.

Baca Juga : 7 Destinasi Wisata Favorit di Pulau Lombok

Melihat statistik kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia dalam 5 tahun terakhir, lonjakan tinggi dialami pada tahun 2017. Pada 2013 angka kedatangan wisatawan mancanegara adalah 8,8 juta, lalu meningkat menjadi 9,4 juta pada 2014, menembus angka 10 juta Pada 2015 dan mencapai 11,5 juta pada 2016.

Kenaikan lebih dari 2 juta wisatawan mancanegara terjadi di tahun 2017 yaitu ke angka 14,04 juta wisatawan, kenaikan ini mengalami peningkatan mencapai angka 21,2 persen dari tahun sebelumnya.

Pemberian penghargaan ini bukan hanya mengacu pada keberhasilan yang telah diraih Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia di dunia internasional, tapi dampak luar biasa yang berhasil disumbang, seperti tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di tahun 2017.

Sambutan baik atas penghargaan ini disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya seperti disebutkan dalam cuitan di akun twitternya @Kemenpar_RI. Menurutnya penghargaan ini penting bagi Kemenpar karena menyangkut 3C yaitu confidence, credibility dan calibration. Ketiganya penting bagi promosi pariwisata karena merupakan bentuk legitimasi kepercayaan dan bagus sebagai marketing untuk membangun citra pariwisata di Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar