pariwisata indonesia
Lonely Planet menempatkan Indonesia di peringkat ke-7 dengan pariwisata terbaik di dunia. (Foto: Istimewa)

NEWSWANTARA – Dunia internasional kembali harus memberikan penghargaan terhadap pariwisata Tanah Air. Penghargaan kali ini datang dari sebuah media internasional “Lonely Planet” dengan menobatkan Indonesia sebagai negara peringkat ke 7 dengan pariwisata terbaik dunia yang wajib untuk dikunjungi di tahun 2019.

Baca Juga:

Peringkat yang diberikan Lonely Planet edisi 2018 tersebut tentunya akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dikarenakan Lonely Planet merupakan buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia.

Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berhasil masuk daftar tersebut. Bahkan yang lebih mengejutkan, Thailand dan juga Malaysia yang selama ini menjadi pesaing di dunia pariwisata dengan Indonesia justru tidak tercantum dalam list Lonely Planet tersebut.

Media dengan salah satu produk majalah terbarunya yang berjudul ‘Best Travel 2019’ itu menjadi Best Seller dengan cover Pura Ulun Danu Bali. Latar belakangnya menggambarkan kesejukan langit biru, pegunungan dan kabut putih. Serta kedamaian foto refleksi pura dari pantulan permukaan air.

Lonely Planet menyatakan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia menjadi alasan dipilihnya negara ini masuk dalam daftar mereka. “Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau, terdiri dari beragam budaya, kuliner dan agama. Semua membentang antar pulau, menawarkan segudang pengalaman,” tulis Lonely Planet.

Tak hanya itu, Lonely Planet juga menuliskan kondisi terakhir Indonesia yang sempat terkena musibah gempa dengan menuliskan bahwa Indonesia adalah negara yang aman untuk dikunjungi.

Tidak hanya kondisi Indonesia yang menjadi sorotan. Kebijakan pemerintahannya yang memberikan akses Bebas Visa Kunjungan (BVK) untuk 169 negara di dunia juga mendapatkan pujian. Pihak Lonely Planet mengimbau semua orang untuk segera berlibur ke Indonesia dengan menuliskan ‘Pergilah sekarang ke Indonesia, sebelum semua rahasianya terekspose’.

Penghargaan yang diberikan Lonely Planet tentunya akan menaikkan kepercayaan diri Bangsa Indonesia sebagai pemenang. Penghargaan itu secara eksternal juga akan menaikkan kredibilitas Indonesia di mata internasional. Reputasi ini sekaligus akan membuat pelanggan dan wisman akan semakin yakin bahwa Indonesia memang keren.

Sekedar informasi, Sri Lanka menempati peringkat pertama di deretan kunjungan pariwisata tersebut, diikuti Jerman dan Zimbabwe pada posisi 2 dan 3. Sedangkan peringkat 4, 5, 6, diduduki Panama, Kyrgyzstan dan Yordania. Indonesia berada di peringkat ke-7, di atas Belarusia, Sao Tome and Principe serta Belize yang menduduki peringkat 8, 9, dan 10.

Berikan Komentar Anda

avatar