Sumber: madeinindonesiafestival.com

NEWSWANTARA – Festival Made in Indonesia yang di gelar di Veteran Plaza Silver Spring, Maryland tahun ini telah memasuki tahun ke 5. Festival yang diselenggarakan oleh Acha Production dan telah menjadi even tahunan dalam mamerkan produk unggul Indonesia. Masyarakat pun menyambut baik festival ini dan merasa terhibur dengan kebudayaan yang dimilki Indonesia.

Made in Indonesia merupakan festival yang mempromosikan seni budaya Indonesia, destinasi unggulan, makanan tradisional, hingga produk-produk unggulan yang dimilki Indonesia. Beragam atraksi seni pertunjukan yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia ikut ditampilkan dalam festival ini.

Hadirnya bintang tamu menambah semarak festival ini diantaranya Prayang Sunni Yulia (finalis X Factor Indonesia) Kang Danny Bule dari Chicago, Mrs Irena Liza (Putri Indonesia untuk kontes Miss Asia USA), Fashion by Metrini dan Chef William Wongso dan Dangdut in America. Tidak lupa juga dengan pertunjukan dari Indonesia Kids Performing Arts (IKPA).

Para pengunjung tidak hanya dihibur dengan berbagai acara di atas panggung, mereka juga menikmati kuliner khas Indonesia dari berbagai tenda penjual dan food truck, berbelanja berbagai produk garmen, perhiasan, kopi, dan berbagai produk Indonesia lainnya yang telah disediakan oleh panitia.

Antusiasme juga terlihat dari antrian para pengunjung untuk membeli berbagai kuliner khas Indonesia. Mengusung tema Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, para pengunjung yang hadir seakan terbawa dalam nuansa Indonesia.

Salah satu perlombaan asli Indonesia dalam Festival Made in Indonesia. Sumber: madeinindonesiafestival.com

Banyak diantara pengunjung yang hadir menggunakan batik, salah satu produk unggulan Indonesia. Memperkenalkan budaya dan produk Indonesia secara langsung kepada masyarakat Amerika merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan festival ini, namun ada yang berbeda untuk acara tahun ini, perbedaannya yaitu bahwa even kali ini mendapat perhargaan dari pemerintah daerah Montgomery County.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan bagi acara Festival Made in Indonesia, yang disampaikan oleh Reemberto Rodriguez mewakili Wali Kota Isiah Legget yang berhalangan hadir. Penghargaan yang diberikan langsung kepada Maya Naratama selaku pihak penyelenggara Festival Made in Indonesia.

Terselenggaranya acara ini bagian dari dukungan pihak kedutaan Besar Republik Indonesia yang berkerja sama dengan United States and Indonesia Society (USINDO). Pemerintah lokal Montgomery dan Negara bagian Maryland telah mengakui Festival Made in Indonesia yang dijadikan sebagai acara tahunan.

Keberhasilan membangun hubungan baik antara komunitas terutama komunitas Indonesia dengan komunitas yang ada di Amerika patut diapresasi. Penghargaan atas insiatif pihak penyelenggara dalam mempromosikan Indonesia di Amerika tidak hanya dilihat sebagai promosi semata, melainkan cerminan dalam membangun dan menjaga hubungan baik dalam mendukung satu sama lain.


Sumber: Voa Indonesia

Berikan Komentar Anda

avatar